Penulis Utama : Rininta Ratlin Indraswari
NIM / NIP : S172108008
×

Rininta Ratlin Indraswari. S172108008. 2021. Ekspresi Kebahasaan dalam Tradisi Penggunaan Pewarna Alam untuk Kerajinan Batik di Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal. Tesis. Pembimbing I: Prof. Dr. Wakit Abdullah Rais, M.Hum.. Pembimbing II: Dr. FX. Sawardi, M.Hum.. Program Pascasarjana Ilmu Linguistik Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Batik merupakan salah satu kebudayaan Indonesia yang telah diakui dunia. Batik dengan pewarna alam adalah sebuah tradisi yang sudah ada sejak zaman dahulu, tetapi keberadaannya kini mulai pudar. Perajin batik di Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal berusaha mengangkat kembali tradisi batik dengan pewarna alam. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menjelaskan ragam ekspresi kebahasaan dalam tradisi batik di Kecamatan Limbangan,Kabupaten Kendal. (2) Menjelaskan proses yang berhubungan dengan tradisi pewarna alam untuk batik di Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal. (3) Menjelaskan alasan masyarakat Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal dalam memilih pewarna alam untuk batik.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif interpretatif, yaitu mendeskripsikan data-data kebahasaan apa adanya terutama tentang kebudayaan batik pewarna alam di Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan etnolinguistik. Data penelitian berupa kata dan frasa yang berkaitan dengan tradisi penggunaan pewarna alam untuk batik. Data dalam penelitian ini bersumber dari informan dan kejadian. Metode pengumpulan data meliputi metode simak dan metode cakap. Metode simak dilakukan dengan teknik rekam dan teknik catat, sedangkan metode cakap dilakukan dengan teknik wawancara mendalam. Metode analisis data menggunakan model analisis etnosains. 

Hasil penelitian menunjukkan bentuk ekspresi kebahasaan dalam tradisi penggunaan pewarna alam untuk kerajinan batik di Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal terdiri atas dua bentuk, yaitu kata dan frasa. Ekspresi kebahasaan tersebut dapat dikelompokkan menjadi empat, yaitu ekspresi kebahasaan terkait alat yang digunakan untuk membuat batik dengan pewarna alam, ekspresi kebahasaan terkait bahan yang digunakan untuk membuat batik dengan pewarna alam, ekspresi kebahasaan terkait bahan pewarna alam untuk batik, dan ekspresi kebahasaan terkait proses pembuatan batik dengan pewarna alam. Proses yang berhubungan dengan batik pewarna alam ada empat proses, yaitu proses membatik dengan pewarna alam, proses pembuatan warna untuk batik dengan pewarna alam, proses menciptakan motif batik, dan proses pemasaran batik dengan pewarna alam. Alasan masyarakat Kecamatan Limbangan memilih pewarna alam untuk batik meliputi berbagai alasan. Pertama perajin batik ingin melestarikan kembali tradisi leluhur yang sudah lama diajarkan. Kedua, perajin batik menggunakan pewarna alam sebagai upaya menjaga keseimbangan lingkungan. Ketiga, perajin batik berusaha menciptakan kreativitas sebagai upaya menciptakan karakteristik tersendiri. Keempat, perajin batik menggunakan pewarna alam sebagai penggerak ekonomi. Kelima, perajin batik menggunakan pewarna alam sebagai upaya mengedukasi generasi selanjutnya agar pewarna alam tetap lestari.

×
Penulis Utama : Rininta Ratlin Indraswari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S172108008
Tahun : 2023
Judul : EKSPRESI KEBAHASAAN DALAM TRADISI PENGGUNAAN PEWARNA ALAM UNTUK KERAJINAN BATIK DI KECAMATAN LIMBANGAN KABUPATEN KENDAL (KAJIAN ETNOLINGUISTIK)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2023
Program Studi : S-2 Linguistik
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : batik, pewarna alam, Kecamatan Limbangan, Kendal, etnolinguistik
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Wakit Abdullah Rais, M.Hum.
2. Dr. FX. Sawardi, M.Hum.
Penguji : 1. Dr. Supana, M.Hum.
2. Dr. Wiwik Yulianti, S.S., M.Hum
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.