Penulis Utama : Tri Edwinsyah Yudha Dharma
NIM / NIP : S112202008
×

Penelitian memiliki tujuan yakni mengidentifikasi jenis strategi tindak tutur mengeluh serta strategi ketidaksantunan bahasa pada keluhan yang ditungkapkan oleh pengguna laki-laki dan perempuan pada akun Instagram @kai121_ dan @lionairgroup.  Penelitian ini juga betujuan untuk mengidentifikasi perbedaan dari strategi tindak tutur mengeluh dan strategi ketidaksantunan berbahasa yang diungkapkan oleh pengguna akun Instagram @kai121_ dan @lionairgroup laki-laki dan perempuan. 

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan pragmatik dan desain studi kasus terpanang. Lokasi penelitian ini adalah sebuah media sosial aplikasi yang bisa diakses online yang bernama instagram. Sumber data pada penelitian ini adalah akun Instagram kai @kai121_ dan lionair @lionairgroup. Data yang terdapat pada penelitian ini adalah tuturan yang mengandung keluhan pada kolom komenan akun Instagram @kai121_ dan @lionairgroup yang diungkapkan oleh pengguna laki-laki dan perempuan.

Hasil yang di temukan pada penelitian ini terdapat delapan strategi tindak tutur mengeluh yang dihasilkan oleh pengguna laki-laki dan perempuan pada akun instagram @kai121_. Pada strategi ketidaksantunan berbahasa peneliti menemukan 4 jenis strategi ketidaksantunan berbahasa. Selanjutnya pada hasil temuan yang didapat oleh pengguna laki-laki dan perempuan pada akun Instagram @lionairgroup adalah tujuh strategi tindak tutur mengeluh. Pada strategi ketidaksantunan berbahasa peneliti menemukan 4 jenis strategi ketidaksantunan berbahasa yang di temukan pada pengguna akun Instagram laki-laki. Serta terdapat tiga strategi ketidaksantunan berbahasa yang digunakan oleh pengguna akun Instagram Perempuan. Dalam penelitian ini ditemukan sebuah perbedaan yang dikeluhkan oleh pengguna laki-laki dan Perempuan pada akun Instagram @lionairgroup. Pada pengguna laki-laki menggunakan menyalahkan secara eksplisit orang, namun pada pengguna Perempuan tidak ditemukannya strategi menyalahkan secara eksplisit. Adapun perbedaan dalam strategi ketidaksantunan berbahasa yaitu pada pengguna laki-laki tedapat ketidaksantunan positif, sedangkan pengguna akun Perempuan tidak ditemukan strategi ketidaksanatunan positif. Pada akun Instagram @kai121_ peneliti menemukan sebuah perbedaan diantaranya perbedaan sebuah keluhan tema harga. Pada laki-laki peneliti tidak menemukan keluhan dengan tema harga sedangkan pada pengguna Perempuan peneliti menemukan adanya keluhan dengan tema harga. 

×
Penulis Utama : Tri Edwinsyah Yudha Dharma
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S112202008
Tahun : 2024
Judul : STRATEGI TINDAK TUTUR MENGELUH DAN KETIDAKSANTUNAN BERBASIS GENDER PADA AKUN INSTAGRAM @KAI121_ DAN @LIONAIRGROUP
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2024
Program Studi : S-2 Linguistik (Deskriptif)
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : tindak tutur mengeluh, ketidaksantunan berbahasa, laki – laki, perempuan.
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : https://ijmmu.com/index.php/ijmmu/article/view/4892/4149
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Djatmika, M.A.
2. Dr. Miftah Nugroho, M. Hum.
Penguji : 1. Dr. F.X. Sawardi, M. Hum
2. Dr. Wiwik Yulianti, S.S., M. Hum
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.