Penulis Utama : Muhamad Calvin Octavian
NIM / NIP : I0118089
×

“Prediksi Sisa Umur Layan Menggunakan Data Kinerja Jalan Dengan Metode Pavement Condition Index (PCI) dan International Roughness Index (IRI) Pada Jalan Nasional (Studi Kasus: Ruas Jalan Lingkar Kudus Timur - Batas Kabupaten Pati, Ruas Jalan Wangon - Manganti, dan Ruas Jalan Lingkar Pati)”. Muhamad calvin octavian, I0118089. Dosen Pembimbing I: Ir. Ary Setyawan M.Sc. P.Hd., Pembimbing II: Dr. Florentina Pungky P, S.T., M.T. Skripsi Sarjana Teknik Sipil. Program S1 Teknik Sipil, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.
Permasalahan kerusakan jalan dapat mempengaruhi kondisi perkerasan jalan bahkan menyebabkan penurunan pada tingkat pelayanan jalan, sehingga perlu adanya upaya peningkatan atau pemeliharaan jalan. Kerusakan pada jalan mengindikasikan kondisi struktural dan fungsional jalan tidak mampu memberikan pelayanan secara optimal terhadap pengguna jalan seperti yang terjadi pada Ruas Jalan Lingkar Kudus Timur - Batas Kabupaten Pati, Ruas Jalan Wangon - Manganti, dan Ruas Jalan Lingkar Pati. Penelitian ini bertujuan untuk menilai kondisi perkerasan jalan dan memprediksi sisa umur layan perkerasan pada tiap ruas jalan yang diteliti, serta mengetahui perbandingan sisa umur layan antara kedua metode yang digunakan.
Penelitian ini bersifat deskriptif analitis, yaitu menggambarkan kondisi perkerasan jalan pada tiap ruas jalan yang diteliti. Penelitian ini diawali dengan pembagian segmen berdasarkan panjang ruas jalan. Kemudian dilakukan penilaian kondisi perkerasan jalan dan memprediksi sisa umur layan menggunakan Metode Pavement Condition Index (PCI) dan Metode International Roughness Index (IRI). Hasil prediksi sisa umur layan pada tiap segmen dilakukan perbandingan, serta dibuat regresi untuk mengetahui hubungan (korelasi) dan koefisian korelasinya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada Ruas Jalan Lingkar Kudus Timur - Batas Kabupaten Pati, Ruas Jalan Wangon - Manganti, dan Ruas Jalan Lingkar Pati masing-masing berdasarkan nilai PCI masuk dalam kategori fair, satisfactory, satisfactory, dan berdasarkan nilai IRI masuk dalam kategori fair untuk ketiga ruas jalan dengan prediksi sisa umur layan untuk masing-masing ruas jalan berdasarkan Metode PCI sekitar 1-5 tahun, 6-10 tahun, 6-10 tahun dan berdasarkan Metode IRI 0,26 tahun, 0,18 tahun, 0,25 tahun. Hubungan antara Metode PCI dengan Metode IRI didapatkan untuk koefisien korelasi masing-masing ruas jalan berdasarkan output analisis Uji Korelasi Pearson yaitu 0,828; 0,401; dan 0,642 dengan tingkat korelasi sangat kuat; tidak ada korelasi; dan terkolerasi. 

×
Penulis Utama : Muhamad Calvin Octavian
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0118089
Tahun : 2024
Judul : Prediksi Sisa Umur Layan Menggunakan Data Kinerja Jalan Dengan Metode Pavement Condition Index (PCI) dan International Roughness Index (IRI) Pada Jalan Nasional (Studi Kasus: Ruas Jalan Lingkar Kudus Timur - Batas Kabupaten Pati, Ruas Jalan Wangon - Manganti, dan Ruas Jalan Lingkar Pati)
Edisi :
Imprint : surakarta - Fak. Teknik - 2024
Program Studi : S-1 Teknik Sipil
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kata Kunci: perkerasan, PCI, IRI, umur layan.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Ary Setyawan, M.Sc., Ph.D.
2. Dr. Florentina Pungky P, S.T., M.T.
Penguji : 1. Ir. Djoko Sarwono, M.T.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.