Penulis Utama : Susi Lestari
NIM / NIP : O0119111
×

Susi Lestari. O0119111. ANALISIS PERFORMA ATLET BOLA BASKET JAWA TENGAH PADA EVENT LIGA MAHASISWA NASIONAL TAHUN 2022. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keolahragaan Universitas Sebelas Maret Surakarta, September 2023.

 

Olahraga memiliki peran penting dalam kehidupan manusia, memengaruhi berbagai aspek budaya, sosial, ekonomi, dan politik, serta berkontribusi pada kesehatan individu. Bola basket, sebagai salah satu olahraga populer di Indonesia, sering menjadi panggung kompetisi dari tingkat usia dini hingga profesional. Tahun 2022 menjadi tahun istimewa dengan diselenggarakannya Liga Mahasiswa Nasional (LIMA) di tingkat nasional di Jakarta, di mana tiga universitas dari Jawa Tengah, yaitu Universitas Semarang (USM), Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga (UKSW), dan Universitas Soegijapranata Semarang (UNIKA), berhasil mencapai final dalam kategori putra dan putri, menarik perhatian dalam dunia bola basket.

Penelitian ini mendalami peran penting statistik pertandingan dalam mengevaluasi performa atlet bola basket. Dengan memanfaatkan aplikasi FIBA Livestats sebagai instrumen utama untuk merekam pergerakan dan penampilan atlet selama pertandingan, penelitian ini menyoroti analisis performa atlet bola basket Jawa Tengah yang berpartisipasi dalam LIMA 2022. Melalui statistik pertandingan, penelitian ini memberikan wawasan tentang kemampuan teknis dan taktis para atlet yang berperan besar dalam membawa tim mereka mencapai final. Performa luar biasa dari Universitas Semarang (USM) dan Universitas Soegijapranata (UNIKA) menjadi sorotan utama yang dapat dijelaskan secara rinci melalui statistik pertandingan.

Tujuan penelitian ini adalah untuk lebih memahami dan menganalisis performa atlet bola basket Jawa Tengah dalam event Liga Mahasiswa Nasional tahun 2022, dengan harapan memberikan wawasan yang lebih dalam tentang peran statistik pertandingan dalam mengevaluasi prestasi atletik dan tim. Hasil analisis menunjukkan bahwa UKSW memiliki performa yang kurang memuaskan saat melawan Institut Teknologi Harapan Bandung (ITHB) dan Perbanas Institut Jakarta (PBN), namun mampu menunjukkan performa yang lebih baik saat melawan Universitas Pendidikan Bandung (UPI) dan Universitas Padjajaran Bandung (UNP). USM menunjukkan performa yang sangat baik saat melawan STIE Jakarta, Universitas Atmajaya Yogyakarta (ATMA), Universitas Esa Unggul Jawa Barat (UEU), Universitas Surabaya (UBY), dan Universitas Pelita Harapan Jakarta (UPH). Namun, performa mereka menurun saat melawan Universitas Ciputra Surabaya (UCS). UNIKA juga menghadirkan performa yang bagus saat melawan UCS, ATMA, STIE Jakarta, dan Universitas Budi Luhur Jakarta (UBL). Sayangnya, performa mereka menurun dalam pertandingan final melawan Universitas Esa Unggul Jawa Barat (UEU).

×
Penulis Utama : Susi Lestari
Penulis Tambahan : 1. -
2.
NIM / NIP : O0119111
Tahun : 2024
Judul : Analisis Performa Atlet Bola Basket Jawa Tengah Pada Event Liga Mahasiswa Nasional Tahun 2022
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Keolahragaan - 2024
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kata Kunci: Olahraga, Bola basket, Liga Mahasiswa Nasional, Performa atlet, Statistik pertandingan.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Djoko Nugroho., S.Pd., M.or
2. Baskoro Nugroho Putro., S.Pd., M.Or
Penguji : 1. Drs. Agus Margono., M.Kes
2. Ahmad Septiandika., S.Pd., M.Or
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Keolahragaan
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.