Penulis Utama : Heru Airlangga
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Analisis rasio keuangan multiple discriminant analysis alat untuk memprediksi kebangkrutan perusahaan pada PT. Wihani Grafindo Jakarta (tahun 1999-2003)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0201062-2005
Subyek : ANALISA LAPORAN KEUANGAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Dalam mengantisipasi ketidakpastian dimasa yang akan datang, diperlukan suatu penilaian terhadap kinerja perusahaan. Adanya penilaian kinerja dimaksudkan agar sedapat mungkin perusahaan menyadari kemungkinan-kemungkinan buruk yang terjadi dimasa yang akan datang dan menemukan cara untuk menyiasatinya sejak saat ini. Ada dua macam kegagalan yang akan menyebabkan terjadinya kebangkrutan, yaitu kegagalan ekonomi dan kegagalan keuangan. Kegagalan ekonomi suatu perusahaan dikaitkan dengan ketidakseimbangan antara pendapatan dengan pengeluaran. Sementara itu, sebuah perusahaan dikategorikan bangkrut keuangannya jika perusahaan tersebut tidak mampu membayar kewajibannya pada waktu jatuh tempo, meskipun total aktiva melebihi kewajibannya.

Masalah yang hendak dicari jawabannya dalam penelitian ini adalah apakah kondisi keuangan perusahaan dalam keadaan bangkrut atau tidak bangkrut jika dihitung dengan menggunakan Multiple Discriminant Analysis? Sesuai dengan permasalahan yang hendak dicari solusinya, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan dalam keadaan bangkrut atau tidak bangkrut jika dihitung dengan menggunakan Multiple Discriminant Analysis.

Penelitian ini menitikberatkan pada analisis rasio keuangan dengan Multiple Discriminant Analysis sebagai alat untuk memprediksi kebangkrutan perusahaan yang dihitung dengan menggunakan data dari neraca dan laporan rugi laba PT. Wihani Grafindo. Data yang diperoleh akan dianalisis dengan menggunakan Multiple Discriminant Analysis atau yang lebih dikenal dengan model Z-Skor. Model ini menggunakan rasio keuangan yaitu: modal kerja/total aktiva, laba ditahan/total aktiva, laba sebelum bunga dan pajak (EBIT)/total aktiva, nilai buku modal sendiri/ total hutang, dan penjualan/total aktiva. Berdasarkan metode tersebut dihasilkan persamaan model Z-Skor yang formulanya adalah sebagai berikut: Zi = 0,717 X1 + 0,847 X2 + 3,107 X3 + 0,420 X4 + 0,998 X5. Apabila nilai Z-Skor < 1,20 berarti kondisi keuangan perusahaan bangkrut. Apabila nilai Z-Skor 1,20 < Z-Skor < 2,90 berarti perusahaan berada pada grey area (kondisi rawan). Apabila nilai Z-Skor > 2,90 berarti kondisi keuangan perusahaan tidak bangkrut.

Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel X1 selama tahun 1999-2003 memiliki nilai rasio rata-rata sebesar 0,107 atau dikategorikan dalam keadaan bangkrut. Variabel X2 selama tahun 1999-2003 memiliki nilai rasio rata-rata sebesar 0,202 sehingga dikategorikan dalam kondisi rawan terjadinya kebangkrutan. Variabel X3 selama tahun 1999-2003 memiliki nilai rasio rata-rata sebesar 0,134 atau dikategorikan dalam kondisi tidak bangkrut. Variabel X4 selama tahun 1999-2003 memiliki nilai rasio rata-rata sebesar 0,596 atau dikategorikan dalam kondisi bangkrut. Variabel X5 selama tahun 1999-2003 menghasilkan nilai rasio rata-rata sebesar 1,306 atau dikategorikan dalam keadaan bangkrut. Selama tahun 1999-2003 menghasilkan nilai Z-Skor rata-rata sebesar 2,22 sehingga dikategorikan dalam kondisi rawan bangkrut.

Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa PT. Wihani Grafindo adalah perusahaan yang memiliki kondisi keuangan yang rawan akan terjadinya kebangkrutan. Berdasarkan hasil tersebut, maka penulis mengajukan saran-saran yaitu: perusahaan sebaiknya mengurangi proporsi penggunaan hutang dan meningkatkan proporsi modal sendiri. Hal ini dilakukan untuk mengurangi beban bunga yang harus ditanggung perusahaan apabila perusahaan menggunakan hutang dalam struktur modalnya. Selain itu, perusahaan harus mampu meningkatkan volume penjualan tiap tahunnya dengan cara lebih mengintensifkan bagian Pemasaran untuk melakukan promosi ke setiap instansi baik itu pemerintah maupun swasta agar mendapatkan order dari instansi tersebut.

 

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Sunarjanto
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis