Penulis Utama : Frida Yosanta Labora Sirait
NIM / NIP : H0416027
×


Frida Yosanta Labora Sirait. H0416027. 2022. Persepsi Petani terhadap Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Sari Galuh Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar, Riau. Penelitian ini dibimbing oleh Prof. Dr. Ir. Suwarto M.Si. dan Prof. Dr. Suminah M.Si. Fakultas Pertanian. Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) merupakan program pemerintah di bidang wirausaha yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. UMKM diharapkan dapat merealisasikan pengurangan kemiskinan dan dapat mendukung kontribusi UMKM terhadap perekonomian Indonesia. Namun di sisi lain, eksistensi UMKM dapat menggeser mata pencaharian lainnya termasuk mata pencaharian sebagai seorang petani. Petani dianggap suatu mata pencaharian tradisional yang kurang bergengsi dan hasilnya tidak dapat dinikmati dengan segera, serta produktivitasnya yang relatif kurang untuk mencukupi kebutuhan hidup petani dan keluarganya. Maka dari itu, perlu dilakukan penelitian dari sudut pandang petani terhadap program UMKM.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor pembentuk persepsi petani terhadap UMKM di Desa Sari Galuh, mengkaji tingkat persepsi petani terhadap UMKM di Desa Sari Galuh, menganalisis hubungan antara faktor-faktor pembentuk persepsi dengan persepsi petani UMKM di Desa Sari Galuh. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik survei. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja (purposive) di Desa Sari Galuh Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar, Riau. Populasi dalam penelitian ini adalah petani anggota KUD Mojopahit. Sebanyak 86 responden diambil sebagai sampel dengan cara proportional random sampling. Analisis data dilakukan menggunakan analisis uji korelasi Rank Spearman dengan program IBM SPSS 25.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor pembentuk persepsi petani terhadap terhadap UMKM di Desa Sari Galuh Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar, Riau adalah umur, pendidikan formal, pendidikan non formal, tingkat pendapatan, pengalaman usahatani, dan lingkungan sosial. Faktor-faktor pembentuk persepsi yang memiliki hubungan signifikan dengan persepsi petani terhadap UMKM di Desa Sari Galuh Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar, Riau yaitu umur, pendidikan non formal, tingkat pendapatan, dan pengalaman usahatani. Sedangkan yang tidak memiliki hubungan signifikan terhadap UMKM di Desa Sari Galuh Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar, Riau adalah pendidikan formal dan lingkungan sosial.

 

×
Penulis Utama : Frida Yosanta Labora Sirait
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0416027
Tahun : 2024
Judul : Persepsi Petani terhadap Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Desa Sari Galuh Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar Riau
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian - 2024
Program Studi : S-1 Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Persepsi, petani, UMKM
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Ir. Suwarto, M.Si.
2. Prof. Dr. Suminah, M.Si.
Penguji : 1. Dr. Ir. Eny Lestari, M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.