Penulis Utama : Khaira Fadia Thoriq
NIM / NIP : B0419030
×

Era pascakemerdekaan Indonesia, perkembangan musik di Indonesia memunculkan berbagai jenis musik baru yang memadukan unsur-unsur musik asing dengan musik Nusantara. Seperti contohnya genre musik indorock yang merupakan perpaduan antara musik keroncong dengan musik Hawai, country, dan rock n’ roll. Genre Indorock dipelopori oleh sebuah band Kelurga Tielman asal Kupang, Nusa Tenggara Timur bernama The Tielman Brothers, yang semula bernama The Timor Rhythm Brothers. Latar belakang masalah tersebut memunculkan tiga pertanyaan masalah dalam penelitian ini yakni, 1. Bagaimana latar belakang terbentuknya grup musik The Timor Rhythm Brothers? 2. Bagaimana dinamika grup musik The Timor Rhythm Brothers di Indonesia tahun 1948–1957? 3. Bagaimana dinamika grup musik The Timor Rhythm Brothers di Eropa tahun 1958-1964?

Metode yang digunakan adalah metode penelitian historis. Metode tersebut terdiri dari empat tahapan yaitu, heuristik, verifikasi sumber, interpretasi, dan historiografi. Penelitian ini memanfaatkan sumber sezaman berupa arsip sebagai sumber utama. Arsip yang digunakan, adalah surat-surat kabar dan artikel sezaman, yang diakses dalam website delpher.nl. Salah satu contohnya, adalah Surat Kabar Nieuwe Courant.

Hasil yang diperoleh dari penelitian ini, The Timor Rhythm Brothers atau The Tielman Brothers membuka jalan bagi perkembangan musik sebagai sarana penghibur di tentara-tentara yang bertugas di Indonesia pada saat Agresi Militer. Menjadi salah satu grup musik muda yang tampil di panggung hiburan militer Belanda di Indonesia, The Timor Rhythm Brothers memberikan kesempatan kepada musisi muda Indonesia lainnya untuk berkembang dan mengekspresikan diri melalui musik.

Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, terbentuknya Grup Musik The Timor Rhythm Brothers diawali dari penampilan empat anak dari keluarga Tielman yang mulai tampil bersama di hadapan publik pada acara “Timor Avond” yang diadakan di Stadstuin Theater Surabaya pada tahun 1948, tepatnya di tanggal 3 Juli 1948. Kedua, pada akhir tahun 1949, The Timor Rhythm Brothers bergabung dan melakukan tour konser ke berbagai wilayah di Indonesia sebagi bagian dari NIWA-NIWIN. Pada tahun 1952, mereka tampil di Sumatera Selatan dan setelah itu The Timor Rhythm Brothers sudah tidak terdengar lagi pamornya.  dan Keluarga Tielman pindah dari Indonesia ke Breda, Belanda pada tahun 1957. Ketiga, pada tahun 1958, The Timor Rhythm Brothers mulai tampil di Eropa dengan nama band The Tielman Brothers. The Tielman Brothers mengalami perubahan formasi dan gaya bermusik di tahun 1964 dan mereka mulai kehilangan pijakan di karier bermusiknya.

×
Penulis Utama : Khaira Fadia Thoriq
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0419030
Tahun : 2023
Judul : Dinamika Karier Bermusik Grup Musik The Timor Rhythm Brothers (1948-1964)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2023
Program Studi : S-1 Ilmu Sejarah
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Musik Indonesia, The Timor Rhythm Brothers, The Tielman Brothers, Pascakemerdekaan.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Yusana Sasanti Dadtun, S.S., M.Hum.
2. Drs. Tundjung Wahadi Sutirto, M.Si.
Penguji : 1. Dr. Hayu Adi Darmarastri, S.S., M.Hum.
2. Drs. Supariadi, M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.