Penulis Utama : Reni Setiawati
NIM / NIP : S042008011
×

Reni Setiawati. 2023.Pengembangan Media Pembelajaran Podcast Untuk meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia KD Cerpen Pada Siswa Tunanetra Kelas VII SMPLB SLB Negeri Salatiga.Tesis. Pembimbing I : Gunarhadi. Pembimbing II : Tri Rejeki Andayani. Program  Pascassarjana Pendidikan Luar Biasa Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui media yang dipakai untuk pembelajaran Bahasa Indonesia KD cerpen siswa tunanetra kelas VII SMPLB SLB Negeri   Salatiga, (2) Mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaran Bahasa Indonesia KD cerpen bagi siswa tunanetra SMPLB SLB Negeri Salatiga dengan media podcast, (3) Mengetahui penggunaan media podcast   dalam meningkatkan prestasi belajar pada pelajaran Bahasa Indonesia KD cerpen siswa tunanetra kelas VII SMPLB  SLB Negeri Salatiga.

 

Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan tahapan sebagai berikut: Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D) melalui 3 tahap yaitu Tahap 1 : tahap pendahuluan yaitu mengidentifikasi produk yang akan dikembangkan sebagai media pembelajaran, Tahap 2 : pengembangan yaitu design, development, pada tahap Implementation, Evaluation tidak dilakukan karena keterbatasan waktu dalam melakukan penelitian pengembangan sehingga pada tahap Development atau pengembangan media podcast dilakukan ujicoba (pilot testing) dengan sampel terbatas, Tahap 3 : pengujian yaitu ujicoba (pilot testing) dengan subjek penelitian dua siswa siswa peneliti sendiri sebanyak 2 subjek dari SLB Negeri Salatiga.

Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Media pembelajaran dalam bentuk audio berupa podcast diperlukan guru dan siswa tunanetra kelas VII untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia KD cerpen. (2) Media pembelajaran podcast untuk meningkatkan hasil belajar siswa tunanetra layak bagi siswa tunanetra berdasarkan masukan dari tim ahli. (3) Media pembelajaran melalui pemanfaatan podcast yang dikembangkan peneliti mampu  meningkatkan hasil belajar siswa tunanetra di SLB Negeri Salatiga. Hal ini ditunjukkan dengan hasil ujicoba yang menunjukkan peningkatan dalam setiap aspek dalam indikator pencapaian kompetensi.

 

 

 

 

 

 

×
Penulis Utama : Reni Setiawati
Penulis Tambahan : 1.
2.
NIM / NIP : S042008011
Tahun : 2024
Judul : Pengembangan Media Pembelajaran Podcast Untuk meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia KD Cerpen Pada Siswa Tunanetra Kelas VII SMPLB SLB Negeri Salatiga.
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2024
Program Studi : S-2 Pendidikan Luar Biasa
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : podcast, siswa tunanetra, cerpen
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : https://jurnal.uns.ac.id/disability/issue/view/4282
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Gunarhadi, MA., PhD
2. Dr. Tri Rejeki Andayani, MSi
Penguji : 1. Dr. Joko Yuwono, M.Pd
2. Dr. Herry Widyastono, M. Pd
3. Prof. Gunarhadi, MA., PhD
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.