Penulis Utama : Shifa Annisa Nabila
NIM / NIP : I0519087
×

1-Bromopropana merupakan senyawa organobromin yang dimanfaatkan sebagai pelarut organik, pembersih permukaan logam, dan spray adhesive. Pabrik 1-bromopropana direncanakan beroperasi pada tahun 2025 di Kawasan Industri Cilegon, Banten dengan kapasitas produksi 18.000 ton/tahun. Pada setiap pembuatan 1 kg 1-bromopropana diperlukan bahan baku sebesar 1,363 kg asam bromida (HBr) 48%; 0,688 kg n-propanol (C3H7OH) 99,99%; dan 14,091 kg katalis asam sulfat (H2SO4). Selain itu, dihasilkan 1,050 kg limbah setiap 1 kg pembentukan 1-bromopropana.

Reaksi pembentukan 1-bromopropana merupakan proses hidrobrominasi yang terjadi pada fase cair bersifat eksotermis dengan bantuan katalis asam sulfat. Reaksi berlangsung di dalam tiga unit Reaktor Alir Tangki Berpengaduk (RATB) yang disusun seri pada suhu 80°C dan tekanan 1 atm dengan konversi 95% terhadap HBr. Kondisi reaktor adalah isothermal dan non-adiabatis dengan cooling water sebagai media pendingin. Pemurnian produk menggunakan dekanter untuk memperoleh 1-bromopropana dengan kemurnian 99% sebagai fase ringan. Fase berat dekanter selanjutnya diumpankan ke evaporator untuk memekatkan asam sulfat hingga kemurnian 98%. Hasil bawah evaporator direcycle kembali ke reaktor sedangkan hasil atas evaporator dengan komponen utama air dikondensasikan lalu dialirkan ke Unit Pengolahan Limbah (UPL).

Unit pendukung proses meliputi unit pengadaan air yang bersumber dari air laut untuk air proses sebesar 74,714 kg air laut/kg produk dan dari PT Krakatau Daya Tirta untuk air konsumsi dan sanitasi sebesar 0,146 kg air/kg produk, unit refrigerasi berupa brine sebesar 26,712 kg brine/kg produk dan amonia sebesar 0,073 kg amonia/kg produk, unit pengadaan steam berupa saturated steam suhu 206oC tekanan 17,59 bar sebesar 3,418 kg steam/kg produk, unit pengadaan udara tekan berupa udara tekan tekanan 4 bar suhu 30oC sebesar 0,021 m3 udara tekan/kg produk, unit pengadaan listrik sebesar 0,194 kWh/kg produk, unit pengadaan bahan bakar berupa Industrial Diesel Oil (IDO) 0,206 L IDO/kg produk dan High Speed Diesel (HSD) 0,020 L HSD/kg produk. Pabrik juga didukung dengan laboratorium untuk mengontrol mutu bahan baku, produk, dan air sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan.

Bentuk perusahaan adalah Perseroan Terbatas (PT) dengan struktur organisasi line and staff. Jumlah tenaga kerja sebanyak 142 orang yang terdiri atas 84 karyawan shift dan 58 karyawan non-shift.

Hasil analisis ekonomi diperoleh Rate of Return on Investment (ROROI) sebesar 69,04%, Payback Period (PBP) selama 1,45 tahun, Discounted Payback Period (DPBP) selama 1,49 tahun, Discounted Cash Flow Rate of Return (DCFROR) sebesar 34,51%, Break Event Point (BEP) sebesar 43,69%, dan Shut Down Point (SDP) 28,20%. Berdasarkan analisis ekonomi yang dilakukan, maka pabrik 1-bromopropana ini dinilai layak untuk didirikan.

 

×
Penulis Utama : Shifa Annisa Nabila
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0519087
Tahun : 2024
Judul : Prarancangan Pabrik 1-Bromopropana dari Asam Bromida dan N-Propanol Kapasitas 18.000 Ton/Tahun
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2024
Program Studi : S-1 Teknik Kimia
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : 1-bromopropana, bromopropane, propyl bromide
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Inayati, S.T., M.T., Ph.D.
2. Dr. Dwi Ardiana Setyawardhani, S.T., M.T.
Penguji : 1. Dr. Bregas S. T. Sembodo, S.T., M.T.
2. Dr. Ir. Margono, S.T., M.T.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.