Penulis Utama : Rahma Dewi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Kemampuan berbahasa indonesia lisan pada T: studi kasus seorang penyandang autisme pada pusat terapi dan tumbuh kembang anak Permata Bunda Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Sastra UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Sastra NIM.C0200041-2005
Subyek : AUTISME-ANAK
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini mempunyai dua rumusan masalah yaitu (1) bagaimana kemampuan bahasa Indonesia lisan T, dan (2) bagaimana kemampuan T berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Indonesia secara lisan.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan bahasa Indonesia lisan T dan kemampuan T berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Indonesia secara lisan. Penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan tentang adanya kemampuan berbahasa Indonesia pada anak-anak dengan kebutuhan khusus, seperti autisme, pola terapi wicara diperlukan untuk mengoptimalkan kemampuan dan kesembuhan penyandang autisme, dengan perpaduan metode terapi dan stimulus-response-reinforcement membantu upaya pemulihan kelancaran berbahasa, serta memberikan informasi pada masyarakat bahasa bahwa tidak semua orang dapat berbicara secara normal sehingga diperlukan cara khusus dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan anak autis.

Objek dalam penelitian ini adalah tuturan T. Tempat penelitian berada di pusat terapi dan tumbuh kembang anak “Permata Bunda”. Waktu yang digunakan dalam penelitian selama bulan Agustus sampai September 2004. Teknik yang digunakan adalah teknik simak, sadap, dan simak bebas libat cakap.

            Setelah data terkumpul dilakukan klasifikasi data. Klasifikasi data di sini didasarkan pada kemampuan T berbahasa Indonesia lisan menggunakan kata, kalimat, dan tuturan bahasa Jawa. Pada kemampuan berkomunikasi T dengan bahasa Indonesia lisan terbagi menjadi kemampuan reseptif lisan dan ekspresif lisan.

            Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa kemampuan berbahasa Indonesia lisan T belum begitu baik. Kekurangmampuan ini terlihat ketika memilih variasi kata dan merangkai kata-kata tersebut menjadi kalimat. Pada kemampuan bahasa reseptif lisan dapat dikatakan bagus. Berdasarkan 204 materi reseptif lisan yang diujikan terdapat 184 materi yang dikuasai, 4 materi yang dibantu, dan 17 materi yang tidak dikuasai. Pada kemampuan ekspresif lisan keberhasilan T berkomunikasi timbal balik dipengaruhi oleh jenis pembicaraan, hadir tidaknya prompt, dan minat atau ketertarikan pada topik.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Hanifullah Syukri, M. Hum
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Sastra dan Seni Rupa