Penulis Utama : Thoyib Anshori
NIM / NIP : O0118111
×

ABSTRAK

Thoyib Anshori, O0118111, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT Untuk Meningkatkan Hasil Gerak Dasar Manipulatif Pada Permainan Bola Besar Bolavoli Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 03 Jetis Kec. Jaten Tahun Ajaran 2023/2024Skripsi. Surakarta: Fakultas Keolahragaan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Maret 2023

Tujuan dalam melaksanakan penelitian ini adalah bagaimana model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan hasil gerak dasar manipulatif permainan bola besar bola voli bola voli melalui pembelajaran kooperatif model TGT (Team Games Tournament) pada siswa kelas IV SD N 03 Jetis, Kec. Jaten, Karanganayar tahun ajaran 2023/2024.

Metode peneletian ini menggunakan n jenis pendekatan PTK atau Penelitian Tindakan Kelas (Clasroom Action Research) dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 03 Jetis tahun ajaran 2023/2024, yang berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 12 siswa Perempuan. Pengumpulan data yang berasal dari setiap kegiatan observasi yang berasal dari pelaksanakan siklus PTK dianalisis deskriptif kualitatif dengan menggunakan gerak dasar presentase guna melihat kecocokan yang terjadi dalam prsoes belajar mengajar.

Berdasarkan hasil deskripsi rekapitulasi data awal sebelum diberikan tindakan dapat dijelaskan bahwa mayoritas peserta didik belum mendapatkan hasil belajar yang balik, dengan persentase ketuntasan belajar 33,3%. Melalui data awal yang telah didapatkan tersebut masing-masing aspek menunjukkan kriteria keberhasilan pembelajaran yang masih kurang. Maka disusun sebuah tindakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran materi gerak dasar passing bawah bolavoli pada peserta didik kelas IV SD Negeri 03 Jetis dengan menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT). Pelaksanaan tindakan akan diaksanakan sebanyak 2 sikus, yang masing-masing terdiri dari 4 tahap, yaitu (1) Perencanaan, (2) Peaksanaan Tindakan, (3) Observasi dan Interpensi, (4) Analisis dan Refleksi.

Simpulan dari hasil penelitian yang dilaksanakan pada peserta didik kelas IV adalah Penggunaan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar passing bawah bolavoli pada peserta didik kelas IV di SD Negeri 03 Jetis.

×
Penulis Utama : Thoyib Anshori
Penulis Tambahan : 1. -
NIM / NIP : O0118111
Tahun : 2024
Judul : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL GERAK DASAR MANIPULATIF PADA PERMAINAN BOLA BESAR BOLAVOLI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 03 JETIS KEC. JATEN TAHUN AJARAN 2023/2024
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Keolahragaan - 2024
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Bolavoli, TGT, Passing Bawah
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. 1. Drs. Sunardi, M.Kes.
2. 2. Abdul Aziz Purnomo Shidiq, M.Pd.
Penguji : 1. 1. Dr. Rony Syaifullah, S.Pd., M.Pd.
2. 2. Drs. Budhi Satyawan, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Keolahragaan
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.