Penulis Utama : Muhamad Asif Cahya Aji Nugroho
NIM / NIP : S851502015
×

Tujuan penelitian ini untuk mengetahuiuntuk mengetahui: (1) manakah yang memberikan prestasi belajar matematika lebih baik, model pembelajaran kooperatif tipe PISK, model CRH atau model konvensional, (2) manakah yang mempunyai prestasi belajar matematika lebih baik, antara siswa yang memiliki tipe kecerdasan logis matematik, visual, kinestik atau interpersonal, (3) pada masing-masing tipe kecerdasan majemuk, manakah yang memberikan prestasi belajar matematika lebih baik, siswa yang dikenai model PISK, model CRH, atau model konvensional, (4) pada masing-masing model pembelajaran matematika, manakah yang memberikan prestasi belajar matematika lebih baik, siswa yang memiliki tipe kecerdasan logis matematik, visual, kinestik atau interpersonal.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental semu atau quasi eksperimental dengan rancangan penelitian menggunakan rancangan faktorial 3x4.Penelitian ini fokus terhadap pembelajaran matematika pada materi Bangun Ruang Sisi Datar.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N di Kabupaten Demak. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik stratified cluster random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket kecerdasan majemuk dan tes prestasi belajar matematika. Uji prasyarat meliputi uji normalitas populasi menggunakan metode Lilliefors dan uji homogenitas variansi populasi menggunakan metode Bartlett. Dengan α = 0,05. Pengujian hipotesis menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, diperoleh simpulan bahwa (1) Prestasi belajar matematika siswa yang dikenai model pembelajaran CRH lebih baik dibandingkan dengan model konvensional. Selain itu, prestasi belajar matematika siswa yang dikenai model PISK sama baiknya dengan prestasi belajar matematika siswa yang dikenai model CRH dan konvensional. (2) Prestasi belajar matematika siswa yang mempunyai kecerdasan visual lebih baik dibandingkan prestasi belajar matematika siswa yang mempunyai kecerdasan logis matematik dan kinestetik. Selain itu, prestasi belajar matematika siswa dengan kecerdasan interpersonal  mempunyai prestasi sama baiknya dengan kecerdasan logis matematik, visual, dan kinestetik (3) Terdapat interaksi kecerdasan visual dan kinestetik yang dimiliki siswa terhadap prestasi belajar matematika pada model CRH (4) Terdapat interaksi model pembelajaran CRH dan konvensional terhadap prestasi belajar matematika pada kategori kecerdasan kinestetik.

Kata Kunci: CRH, Kecerdasan Majemuk, Konvensional, PISK , Prestasi Belajar Matematika

 

×
Penulis Utama : Muhamad Asif Cahya Aji Nugroho
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S851502015
Tahun : 2019
Judul : Eksperimentasi Model Pembelajaran Interaktif Setting Kooperatif (PISK) dan Course Review Horay (CRH) pada Pembelajaran Matematika ditinjau dari Kecerdasan Majemuk Siswa SMPN Se-Kabupaten Demak
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Pascasarjana - 2019
Program Studi : S-2 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Pascasarjana-S851502015
Kata Kunci : CRH, Kecerdasan Majemuk, Konvensional, PISK , Prestasi Belajar Matematika
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Budiyono, M.Sc.
2. Drs. Isnandar Slamet, M.Sc, Ph.D.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.