Penulis Utama : Nanda Indira
NIM / NIP : S172108007
×

Nanda Indira. S172108007. Analisis Jargon Make-Up dalam Video Tutorial Make-Up di YouTube. Tesis. Pembimbing I; Prof. Drs. Riyadi Santosa, M.Ed., Ph.D., Pembimbing II: Prof. Dr. Sumarlam, M.S., Minat utama Linguistik Deskriptif, Program Studi S-2 Ilmu Linguistik, Program Pascasarjana Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sebelas Maret Surakarta. 

        Penelitian ini membahas mengenai jargon yang terdapat pada bidang make-up yang digunakan oleh beauty vloggers dalam video tutorial make-up di YouTube. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk, makna, dan  fungsi penggunaan jargon make-up. Penelitian ini juga bertujuan untuk menjelaskan persamaan dan perbedaan jargon make-up dalam video tutorial make-up yang dikaitkan dengan tahapan video tutorial make-up serta tema make-up.

        Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan Semantik dan Sosiolinguistik. Data penelitian berupa data autentik yang berupa data lisan berbentuk monolog berupa tuturan beauty vloggers yang mengandung jargon make-up. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari tiga kanal YouTube beauty vloggers, Tasya Farasya, Fathi Nrm, dan Ini Vindy. Prosedur pemerolehan data dilakukan dengan cara mengunduh video dari masing-masing kanal YouTube beauty vloggers, lalu data ditranskrip ke dalam bentuk transkripsi ortografis dan diobservasi, selanjutnya diklasifikasikan sesuai dengan bentuknya masing-masing. Data yang telah diklasifikasikan selanjutnya dianalisis menggunakan teori analisis komponen makna Lyons (1995), teori perubahan makna Breal (2002), teori fungsi jargon Halliday (1994), serta teori tahapan video tutorial make-up Spyer (2013). 

        Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 72 bentuk jargon make-up yang sebagian besar berbentuk kata. Bentuk tersebut dikategorikan pada istilah make-up, alat make-up, teknik make-up, hasil make-up, dan kesalahan dalam make-up. Adapun makna 55 jargon make-up mengalami perubahan makna, 12 makna tetap, dan 5 makna yang tidak ada dalam kamus. Selanjutnya, tipe perubahan makna diklasifisikan pada generalisasi, spesifikasi, ameliorasi, metafora, metonimi, dan kategori khusus. Terdapat 6 fungsi penggunaan jargon make-up yaitu instrumental, regulasi, representasi, interaksi, personal, dan heuristik. Distribusi tahapan dalam video tutorial make-up dan tema make-up mempengaruhi bentuk penggunaan jargon make-up beserta fungsinya, yang dapat terlihat mengenai persamaan dan perbedaan penggunaan jargon make-up tersebut.
 

×
Penulis Utama : Nanda Indira
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S172108007
Tahun : 2024
Judul : ANALISIS JARGON MAKE-UP DALAM VIDEO TUTORIAL MAKE-UP DI YOUTUBE
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2024
Program Studi : S-2 Linguistik
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Jargon, make-up, makna, fungsi, video tutorial, YouTube.
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Drs. Riyadi Santosa, M.Ed., Ph.D.
2. Prof. Dr. Sumarlam, M.S.
Penguji : 1. Dr. F.X. Sawardi, M.Hum.
2. Dr. Supana, M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.