Penulis Utama : Dini Septianti Nurkhasanah
NIM / NIP : D0418023
×

DINI SEPTIANTI NURKHASANAH, NIM D0418023, judul skripsi Respon Uni Eropa terhadap proses norm immunization atas hak-hak LGBT Studi kasus: Deklarasi “LGBT-free zones” di Polandia, dengan Dosen Pembimbing Bintang Indra Wibisono. Program Studi Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

 

Uni Eropa telah memainkan peran yang signifikan dalam mempromosikan kesetaraan LGBT. Sebagai bagian dari negara anggotanya, Polandia harus melalui proses integrasi hukum ke dalam kerangka hukum Uni Eropa. Dalam hal ini, Polandia diharapkan mengadopsi nilai-nilai yang dipegang oleh Uni Eropa termasuk mengenai kesetaraan hak-hak LGBT. Namun, dalam proses integrasi ini, terjadi respon negatif atau backlash terhadap upaya Uni Eropa dalam mempromosikan hak-hak LGBT di Polandia sebagai bagian dari upaya kesetaraan bagi negara-negara anggotanya. Penelitian ini menggunakan konsep norm immunization oleh Fernando G. Nunez-Mietz dan Lugrecia Garcia Iommi. Melalui konsep ini peneliti melihat bahwa ketika suatu negara diberikan tekanan untuk mengadopsi norma baru, respon yang diberikan bisa saja bersifat menolak atau resisten. Dalam konteks ini muncul adanya norm backlash atau reaksi negatif terhadap adanya advokasi norma baru. Salah satu bentuk dari norm backlash adalah norm immunization atau hambatan hukum yang dilakukan untuk menggagalkan advokasi norma baru. Dalam hal ini, advokasi Uni Eropa terhadap norma LGBT di Polandia mengalami hambatan berupa norm immunization yang tercermin dari adanya deklarasi LGBT-free zones. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat proses norm immunization terhadap hak-hak LGBT di Polandia melalui adopsi deklarasi LGBT-free zones. Lebih lanjut peneliti mengkaji dampak norm immunization terhadap upaya Uni Eropa dalam advokasi norma LGBT di negara anggotanya, khususnya Polandia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa studi pustaka. Proses analisis data terdiri dari tahap mengumpulkan data, pengkategorian data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya perubahan yang bersifat regresif dalam upaya Uni Eropa untuk mempromosikan hak-hak LGBT di Polandia. Perubahan ini terlihat dari adanya norm immunization yang terjadi melalui adopsi deklarasi LGBT-free zones sebagai respon terhadap advokasi Uni Eropa terhadap hak-hak LGBT di Polandia.

×
Penulis Utama : Dini Septianti Nurkhasanah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0418023
Tahun : 2023
Judul : RESPON UNI EROPA TERHADAP PROSES NORM IMMUNIZATION ATAS HAK-HAK LGBT STUDI KASUS: DEKLARASI “LGBT-FREE ZONES” DI POLANDIA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2023
Program Studi : S-1 Hubungan Internasional
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : advokasi, LGBT, norm immunization, Polandia
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Bintang Indra Wibisono, S. Hub. Int, MA
Penguji : 1. Dr. Leni Winarni, S.IP, M.Si
2. Lukman Fahmi Djarwono, S.IP, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.