Penulis Utama : Dhina Mulatsih
NIM / NIP : S032202002
×

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan kebutuhan media FISIKAL bermuatan nilai-nilai Pancasila untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis bagi peserta didik kelas IV Sekolah Dasar; 2) menjelaskan kelayakan media FISIKAL bermuatan nilai-nilai Pancasila untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis; 3) mendapatkan efektivitas media FISIKAL bermuatan nilai-nilai Pancasila untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis bagi peserta didik.

Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and Development) Penelitian pengembangan media FISIKAL ini menggunakan prosedur ADDIE yang terdiri 5 tahap yaitu: 1) analsisi kebutuhan media (media needs analysis), 2) penyusunan rancangan produk (product design drafting), 3) pengembangan prototype produk (product prototype development), 4) uji coba terbatas dan menengah (limited and medium trials), 5) revisi produk akhir (final product revision). Analisis data yang digunakan selama pengembangan adalah analisis deskriptif, analisis kelayakan media FISIKAL berdasarkan skor kriteria, dan analisis tes kemampuan berpikir kritis melalui t-test.

Hasil penelitian ini yaitu: 1) pada tahap pendahuluan diketahui spesifikasi media pembelajaran yang dibutuhkan peserta didik adalah mengakomodasi nilai-nilai Pancasila dalam menggambarkan keadaan konkret dilingkungan peserta didik (bersifat kontekstual), dan peserta didik dapat mengeksplore pesan yang terkandung dalam cerita yang disajikan. Kebutuhan ini mengarah pada karakteristik media FISIKAL bermuatan nilai-nilai Pancasila, sehingga menjadi film yang menjadi dasar pengembangan media film dalam penelitian ini. 2) pada tahap pengembangan diperoleh media FISIKAL yang dikembangkan termasuk dalam kategori layak digunakan dari sisi kualitas: isi materi / pesan yang disampaikan, metode penyampaian, bahasa yang dipergunakan, penggunaan ilustrasi, dan kemudahan dieksplore, 3) pada tahap pengujian produk media FISIKAL yang memuat nilai-nilai Pancasila didapatkan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis berdasarkan hasil N-gain score sebesar 0,72 yang menunjukkan kategori Tinggi. Simpulan dari penelitian ini adalah produk FISIKAL bermuatan nilai-nilai Pancasila layak digunakan dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada peserta didik. Implikasi dari penelitian ini adalah guru perlu kreatif mengemas materi Pelajaran, menyajikan dalam media yang tepat, sehingga mudah untuk dieksplore peserta didik secara mudah dan tidak terbatas tempat serta waktunya.

×
Penulis Utama : Dhina Mulatsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S032202002
Tahun : 2024
Judul : Pengembangan Media FISIKAL (Film Berbasis Kearifan Lokal) Bermuatan Nilai-Nilai Pancasila untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2024
Program Studi : S-2 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : media FISIKAL, nilai-nilai Pancasila, berpikir kritis
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sri Yamtinah, M.Pd.
2. Dr. Matsuri, M.Pd.
Penguji : 1. Prof. Dr. Sri Marmoah, S.Pd.,M. Pd.
2. Dr. Septi Yulisetiani, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.