Penulis Utama : Deshinta Putri Dewanti
NIM / NIP : K6418018
×

Deshinta Putri Dewanti, K6418018. PERAN BADAN PENGAWAS PEMILU (BAWASLU) MELALUI SEKOLAH KADERISASI PENGAWAS PARTISIPATIF (SKPP) DALAM PENDIDIKAN POLITIK DI KOTA SURAKARTA. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2023.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Optimalisasi Peran Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Melalui Sekolah Kaderisasi Pengawas Partisipatif (SKPP) dalam Pendidikan Politik Masyarakat di Surakarta (2) Kendala yang dialami Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dalam pengadaan Sekolah Kaderisasi Pengawas Partisipatif (SKPP) dalam pendidikan politik di Surakarta.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh melalui informan, tempat, peristiwa, dan dokumen. Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan studi dokumen. Validitas data menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Analisis data menggunakan model analisis interaktif.

Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diambil kesimpulan bahwa: (1) Optimalisasi Peran Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Melalui Sekolah Kaderisasi Pengawas Partisipatif (SKPP) dalam Pendidikan Politik Masyarakat di Surakarta sebagai berikut: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) telah menginisiasi pembentukan Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) sebagai salah satu langkah yang diambil untuk menyediakan pendidikan politik kepada seluruh masyarakat, dengan harapan dapat meningkatkan keterlibatan politik dari warga negara. Namun dalam pelaksanaan program SKPP kurang memberikan dampak yang positif kepada masyarakat dalam pendidikan politik. Terdapat banyak hal yang perlu diperbaiki dalam pelaksanaan SKPP Bawaslu, baik dari materi yang diberikan hingga output yang dihasilkan dari SKPP. (2) Kendala yang dialami Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dalam pengadaan Sekolah Kaderisasi Pengawas Partisipatif (SKPP) dalam pendidikan politik di Surakarta sebagai berikut: a) Anggaran Sekolah Kaderisasi Pengawas Partisipatif (SKPP); b) Keaktifan Alumni Sekolah Kaderisasi Pengawas Partisipatif (SKPP); c) Tindak Lanjut Sekolah Kaderisasi Pengawas Partisipatif (SKPP).

×
Penulis Utama : Deshinta Putri Dewanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6418018
Tahun : 2023
Judul : PERAN BADAN PENGAWAS PEMILU (BAWASLU) MELALUI SEKOLAH KADERISASI PENGAWAS PARTISIPATIF (SKPP) DALAM PENDIDIKAN POLITIK DI KOTA SURAKARTA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Peran Bawaslu, Pendidikan Politik, SKPP
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Triyanto, S.H., M.Hum.
2. Erna Yuliandari, S.H., MA
Penguji : 1. Dr. Triana Rejekiningsih, S.H., K.N., M.Pd.
2. Anis Suyaningsih., S.Pd., M.Sc
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.