Penulis Utama : Batista Nila Marberliantina
NIM / NIP : O0220024
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecemasan atlet Pelatnas Lawn Bowls NPC Indonesia 2023 pada saat sebelum dan sesudah pertandingan Asian Paragames 2022 di Hangzhou, China.

            Penelitian ini adalah penelitian statistik deskriptif dengan metode survey. Kuesioner sebagai instrumen pengambilan data dengan menggunakan kuesioner State Trait Anxiety Inventory (STAI) yang terdiri dari kuesioner State Scale dan Trait Scale. Sampel penelitian ini berjumlah 12 orang maka pengambilan data pada penelitian ini menggunakan teknik total sampling berdasarkan tabel sampel Krejcie dan Morgan 1970. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif presentase. Subjek penelitian ini adalah atlet Pelatnas Lawn Bowls NPC Indonesia 2023. Penelitian ini dilakukan di dua negara yaitu pada saat sebelum pertandingan dilakukan di Indonesia, dan pada saat sesudah pertandingan di lakukan di Hangzhou China.

Hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Hasil perhitungan statistik deskriptif penelitian tingkat kecemasan atlet Pelatnas Lawn Bowls NPC Indonesia 2023 pada saat sebelum pertandingan dengan menggunakan kuesioner State Scale yaitu kategori high anxiety 1 atlet atau 8%, kategeori moderate anxiety 7 atlet atau 58%, kategori low anxiety 1 atlet atau 8%, kategori very low anxiety 3 atlet atau 25%. (2) Hasil perhitungan statistik deskriptif penelitian tingkat kecemasan atlet Pelatnas Lawn Bowls NPC Indonesia 2023 pada saat sebelum pertandingan dengan menggunakan kuesioner Trait Scale yaitu kategori high anxiety 3 atlet atau 25%, kategeori moderate anxiety 3 atlet atau 25%, kategori low anxiety 4 atlet atau 33%, kategori very low anxiety 2 atlet atau 17%. (3) Hasil perhitungan statistik deskriptif penelitian tingkat kecemasan atlet Pelatnas Lawn Bowls NPC Indonesia 2023 pada saat sesudah pertandingan dengan menggunakan kuesioner State Scale yaitu kategori high anxiety 1 atlet atau 8%, kategeori moderate anxiety 6 atlet atau 50%, kategori low anxiety 2 atlet atau 17%, kategori very low anxiety 3 atlet atau 25%. (4) Hasil perhitungan statistik deskriptif penelitian tingkat kecemasan atlet Pelatnas Lawn Bowls NPC Indonesia 2023 pada saat sesudah pertandingan dengan menggunakan kuesioner Trait Scale yaitu kategori high anxiety 2 atlet atau 17%, kategeori moderate anxiety 4 atlet atau 33%, kategori low anxiety 4 atlet atau 33%, kategori very low anxiety 2 atlet atau 17%.

Tingkat kecemasan yang dialami seorang atlet merupakan salah satu faktor psikologis yang dapat mempengaruhi performa seorang atlet pada saat bertanding. Atlet yang mengalami kecemasan dengan kategori high, moderate, low, very low artinya masih ada kecemasan pada diri atlet, yang disebabkan oleh faktor usia, tekanan perolehan medali, maupun faktor kepercayaan diri atlet. Sehingga perolehan hasil menjadi tidak maksimal. Sedangkan atlet yang mampu mengendalikan kecemasannya pada penelitian ini dengan kategori kecemasan rendah maupun sangat rendah, mendapatkan hasil prestasi yang kurang baik. Dapat dikatakan kecemasan yang dimiliki oleh atlet Pelatnas Lawn Bowls Indonesia masih perlu dikelola dengan baik lagi terutama dengan tujuan untuk memperoleh puncak prestasi. Melalui suatu program latihan, pengalaman bertanding atlet, serta melakukan evaluasi pada setiap kegiatan, bukan tidak mungkin bagi atlet Pelatnas Lawn Bowls Indonesia untuk mencapai puncak prestasi pada kancah Internasional sekalipun.

×
Penulis Utama : Batista Nila Marberliantina
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : O0220024
Tahun : 2024
Judul : SURVEI TINGKAT KECEMASAN ATLET PELATNAS LAWN BOWLS NPC INDONESIA 2023 PADA SAAT SEBELUM DAN SESUDAH PERTANDINGAN ASIAN PARAGAMES 2022 DI HANGZHOU CHINA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Keolahragaan - 2024
Program Studi : S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kecemasan, Lawn Bowls, Pertandingan, Olahraga Disabilitas.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Link DOI : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Bambang Wijanarko, M.Kes.
2. Rumi Iqbal Doewes, S.Pd., M.Or.
Penguji : 1. Dr. Agustiyanta, M.Pd.
2. Dr. Singgih Hendarto, S.Pd., M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Keolahragaan
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.