Kesimpulan: Riwayat kontak secara statistik signifikan meningkatkan risiko terkena campak pada anak, vaksin secara statistik signifikan menurunkan risiko terkena campak pada anak. " /> Meta-Analisis Hubungan Riwayat Kontak dan Status Vaksin Dengan Kejadian Campak Pada Anak Kesimpulan: Riwayat kontak secara statistik signifikan meningkatkan risiko terkena campak pada anak, vaksin secara statistik signifikan menurunkan risiko terkena campak pada anak. " />

Penulis Utama : Ervia Fahma Dhony
NIM / NIP : S022008019
×

Ervia Fahma Dhony. S022008019. 2024. Tesis. Meta-Analisis: Hubungan Riwayat Kontak dan Status Vaksin dengan Kejadian Campak pada Anak. Pembimbing I: Prof. Bhisma Murti, dr., MPH., MSc., PhD. Pembimbing II: Dr. Hanung Prasetya,S.Kp., S. Psi., M.Si Program Studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Latar Belakang: Campak merupakan salah satu Penyakit Yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi (PD3I) yang sifatnya sangat menular dan sering mengakibatkan wabah yang meluas serta dapat menyebabkan komplikasi seumur hidup dan kematian. Beberapa bukti menyebutkan bahwa risiko campak adalah riwayat kontak, dan status vaksin. Penelitian ini bertujuan untuk mengestimasi besarnya hubungan riwayat kontak dan status vaksin dengan kejadian campak pada anak, melalui meta analisis studi primer yang dilakukan oleh penulis terdahulu.
Subjek dan Metode: Penelitian ini merupakan systematic review dan meta analisis dengan PICO sebagai berikut, Population: anak. Intervention: riwayat kontak, status vaksin, Comparison: tidak riwayat kontak, tidak vaksin. Outcome: campak. Artikel yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari tiga database yaitu PubMed, Google Scholar, dan Science direct, dengan menggunakan kunci “History contact” AND “Vaccine” OR “Vaccinated” OR “Immunization” AND “Measles” AND “Children". Artikel yang disertakan adalah full-text dengan desain studi case control tahun 2012 hingga 2023 dan melaporkan adjusted Odds Ratio (aOR) dalam analisis multivariat. Pemilihan artikel dilakukan dengan menggunakan PRISMA flow diagram. Artikel dianalisis menggunakan aplikasi Review Manager 5.3.
Hasil: Sebanyak 8 studi case control yang melibatkan dari Benua Afrika dan Benua Asia terpilih untuk dilakukan meta analisis. Anak dengan riwayat kontak meningkatkan risiko terkena campak 4.38 kali dibandingkan dengan anak tidak riwayat kontak, dan hubungan ini secara statistik signifikan (aOR=4.38; CI 95%=1.36 hingga 14.09; p= 0.010). Anak yang telah diberikan vaksin campak menurunkan risiko terkena campak 0.30 kali dibandingkan dengan anak yang tidak diberikan vaksin campak, dan hasil ini secara statistik signifikan (aOR= 0.30; CI 95%= 0.22 hingga 0.40; p< 0>Kesimpulan: Riwayat kontak secara statistik signifikan meningkatkan risiko terkena campak pada anak, vaksin secara statistik signifikan menurunkan risiko terkena campak pada anak.

 

×
Penulis Utama : Ervia Fahma Dhony
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S022008019
Tahun : 2024
Judul : Meta-Analisis Hubungan Riwayat Kontak dan Status Vaksin Dengan Kejadian Campak Pada Anak
Edisi :
Imprint : SURAKARTA - Sekolah Pascasarjana - 2024
Program Studi : S-2 Ilmu Kesehatan Masyarakat
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Riwayat kontak, status vaksin, campak, anak
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : http://Journal of Epidemiology and Public Health (JEPH)
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Bhisma Murti, dr., MPH., MSc., PhD.
2. Dr. Hanung Prasetya, S.Kp., S.Psi., M.Si.
Penguji : 1. Prof. Dr. Didik Gunawan Tamtomo, dr, PAK, MM, M.Kes, SpKKLP
2. Dr. Argyo Demartoto, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.