Penulis Utama : Alfiah
NIM / NIP : S151908002
×

Alfiah. 2023. PENGUATAN LITERASI DIGITAL UNTUK MEMBANGUN CIVIC RESPONSIBILITY OLEH KOMUNITAS PELITA (Persaudaraan Lintas Agama) DI KOTA SEMARANG.  Tesis. Pembimbing: Dr. Triyanto, MHum. Kopembimbing: Dr. Moh Muchtarom M.S.I,. Program Studi Magister Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret.

 

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan secara analitis:  1) Upaya komunitas PELITA dalam membangun literasi digital warga negara. 2) Dampak literasi digital sebagai gerakan intelektual untuk meningkatkan civic responsibility melalui komunitas PELITA. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah komunitas PELITA. Data dari penelitian ini berupa data primer dan data sekunder. Teknik Pengumpulan Data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan  model Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Upaya komunitas PELITA dalam membangun literasi digital warga negara melalui tiga (3). Pertama kampanye yaitu mengkampayekan penyebaran hoaks dan ujaran kebencian di media sosial. Kegiatan kampanye di komunitas PELITA umumnya diikuti oleh berbagai kelompok lintas agama dan mahasiswa. Kedua sosialisasi, komunitas PELITA melakukan sosialisasi dalam membangun literasi digital dengan mengadakan kegiatan bersama untuk membangun solidaritas antar anggota agar nantinya komunitas PELITA dapat menyisipkan pentingnya literasi digital dalam membangun tanggung jawab kemasyarakatan. Ketiga diskusi, dalam kegiatan diskusi ini dapat disisipi tentang pentingnya literasi digital dalam membangun karakter civic responsibility 2) Dampak literasi digital sebagai gerakan intelektual untuk meningkatkan civic responsibility oleh komunitas PELITA ini membantu warga negara khususnya anggota komunitas PELITA menjadi melek digital dan modern sesuai dengan 8 (depalan) komponen literasi digital. Dampak khususnya oleh anggota komunitas PELITA adalah dalam berinteraksi, bertindak dan menelaah sesuatu dari berbagai sudut perspektif lain. Hal ini terkait dengan terbentuknya rasa tanggung jawab di antara anggota komunitas PELITA.

 

 

×
Penulis Utama : Alfiah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S151908002
Tahun : 2024
Judul : PENGUATAN LITERASI DIGITAL UNTUK MEMBANGUN CIVIC RESPONSIBILITY OLEH KOMUNITAS PELITA (Persaudaraan Lintas Agama) DI KOTA SEMARANG
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Pascasarjana - 2024
Program Studi : S-2 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kata kunci:, Literasi Digital, Civic responsibility, Komunitas
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Triyanto, SH.,M.Hum.
Penguji : 1. Dr. Moh Muchtarom M.S.I
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.