Penulis Utama : Puji Novita Sari
NIM / NIP : S992202009
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung kompetensi kecerdasan digital, facilitating contitions, faktor sosial, penggunaan teknologi secara eksploitatif, dan knowledge sharing terhadap kreativitas digital siswa akuntansi; mengetahui pengaruh tidak langsung kompetensi kecerdasan digital terhadap kreativitas digital melalui penggunaan teknologi secara eksploitatif dan knowledge sharing; dan mengetahui pengaruh tidak langsung faktor sosial terhadap kreativitas digital melalui penggunaan teknologi secara eksploitatif.
Jenis penelitin ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan penelitian ini adalah semua siswa yang berada di kelas XI dan XII Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang mengikuti program keahlian akuntansi yang ada di Kabupaten Kudus. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive random sampling, sehingga diperoleh sampel sebanyak 202 siswa. Penelitian ini menerapkan metode statistik menggunakan alat analisis deskriptif dan kuantitatif melalui teknik analisis data Structural Equation Modeling-Partial Least Square  (SEM-PLS) tipe konstruk tinggi (high order) dengan pendekatan the embedded – two step.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi kecerdasan digital, penggunaan teknologi secara eksploitatif, dan knowledge sharing memiliki pengaruh signifikan terhadap kreativitas digital siswa akuntansi. Sedangkan, facilitating conditions dan faktor sosial tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kreativitas digital siswa akuntansi. Pada pengaruh tidak langsung, penggunaan teknologi secara eksploitatif dan knowledge sharing berhasil menjadi mediasi dari pengaruh kompetensi kecerdasan digital terhadap kreativitas digital siswa akuntansi dengan tipe mediasi partial mediation. Selanjutnya, faktor sosial memiliki pengaruh tidak langsung terhadap kreativitas digital siswa akuntansi melalui penggunaan teknologi secara eksploitatif dengan tipe mediasi full mediation.
Penelitian ini mampu mengeksplorasi faktor individu (kompetensi kecerdasan digital dan penggunaan tekenologi secara eksploitatif) dan faktor sosial (modal sosial dan knowldege sharing) yang mempengaruhi kreativitas digital baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap kreativitas digital dengan mengintegrasikan teori penerimaan teknologi TAM dan UTAUT, serta teori modal sosial (social capital theory).

 

×
Penulis Utama : Puji Novita Sari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S992202009
Tahun : 2024
Judul : DETERMINAN KREATIVITAS DIGITAL SISWA AKUNTANSI DITINJAU DARI FAKTOR INDIVIDU DAN FAKTOR SOSIAL
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2024
Program Studi : S-2 Pendidikan Ekonomi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : facilitating contitions, faktor sosial, knowledge sharing, kreativitas digital, penggunaan teknologi secara eksploitatif
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/DP/article/view/48024
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Siswandari, M.Stat
2. Khresna Bayu Sangka, S.E, M.M, Ph.D.
Penguji : 1. Dr. Sri Sumaryati, S.Pd, M.Pd.
2. Feri Setyowibowo. S.E, M.M, Ph.D.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.