Penulis Utama : Monika Gisthi Secaresmi
NIM / NIP : S841302020
×

Film Tanah Surga …Katanya merupakan satir tentang keadaan di tanah air. Film Tanah Surga …Katanya memiliki nilai positif berupa nilai pendidikan karakter yang dapat digunakan sebagai materi pembelajaran pembentukan karakter, terutama di Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan (1) kategori tindak tutur yang terdapat dalam film, (2) implikatur percakapan yang terdapat dalam film, (3) nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam film, dan (4) relevansi film dengan pembelajaran bahasa dan sastra.


Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang tidak terikat tempat penelitian. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari sampai Juli 2014. Sumber data dalam penelitian ini adalah film Tanah Surga …Katanya karya Danial Rifki dan informan. Data dalam penelitian ini adalah tuturan lisan dalam film Tanah Surga …Katanya yang mengandung tindak tutur, implikatur percakapan, nilai pendidikan karakter, dan hasil wawancara dengan informan tentang relevansi film Tanah Surga …Katanya dengan pembelajaran bahasa dan sastra di Sekolah Dasar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode simak dengan teknik dasar berupa teknik sadap dan teknik lanjutan berupa teknik simak bebas libat cakap, teknik catat, dan teknik rekam. Teknik sampel yang digunakan yaitu teknik purposive sampling. Teknik validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber data. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kontekstual.


Hasil penelitian ini yaitu (1) berdasarkan tujuh kategori tindak tutur menurut Kreidler ditemukan 31 subtindak tutur dalam film Tanah Surga
…Katanya. Berdasarkan kategori tindak tutur menurut Wijana dan Rohmadi ditemukan 3 tindak tutur langsung, 3 tindak tutur tidak langsung, 2 tindak tutur literal, dan 2 tindak tutur tidak literal, (2) implikatur percakapan dalam film Tanah Surga …Katanya timbul sebagai akibat terjadinya pelanggaran prinsip percakapan yaitu prinsip kerja sama (maksim kuantitas, maksim kualitas, maksim relevansi, dan maksim pelaksanaan) dan prinsip kesopanan (maksim kebijaksanaan, maksim penerimaan, dan maksim kecocokan), (3) terdapat 6 nilai pendidikan karakter dalam film Tanah Surga …Katanya yaitu cinta tanah air, peduli sosial, semangat kebangsaan, rasa ingin tahu, kerja keras, dan tanggung jawab, (4) Film Tanah Surga …Katanya dapat digunakan sebagai media pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia karena mengandung nilai pendidikan karakter sesuai dengan orientasi Kurikulum 2013 yaitu mengedepankan pembangunan karakter peserta didik.

×
Penulis Utama : Monika Gisthi Secaresmi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S841302020
Tahun : 2014
Judul : Tindak Tutur dan Implikatur Percakapan dalam Film Tanah Surga …Katanya Karya Danial Rifki (Kajian Pragmatik dan Relevansinya dengan Pembelajaran Bahasa dan Sastra)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Pascasarjana - 2014
Program Studi : S-2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Pascasarjana-S841302020
Kata Kunci : tindak tutur, implikatur, pendidikan karakter
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sarwiji Suwandi, M.Pd.
2. Dr. Edy Tri Sulistyo, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.