Penulis Utama : Annisa Luthfiyatur Rosyda
NIM / NIP : K7120037
×

Annisa Luthfiyatur Rosyda. K7120037. Pembimbing I: Drs. Muhamad Chamdani, M.Pd., Pembimbing II: Dra. Tri Saptuti Susiani, M.Pd. PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DALAM PEMBELAJARAN IPAS TENTANG PERUBAHAN BENTUK PERMUKAAN BUMI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 KARANGSARI TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Januari 2024.

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan penerapan langkah-langkah model Project Based Learning untuk meningkatkan kreativitas dalam pembelajaran IPAS, (2) meningkatkan kreativitas melalui penerapan model Project Based Learning dalam pembelajaran IPAS, dan (3) mendeskripsikan kendala dan solusi pada penerapan model Project Based Learning untuk meningkatkan kreativitas dalam pembelajaran IPAS.

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan tiga siklus dengan lima kali pertemuan. Subjek dalam penelitian yaitu guru dan siswa kelas V SD Negeri 1 Karangsari yang berjumlah 26 siswa. Data yang digunakan yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Teknik tes berupa rubrik penilaian kreativitas. Teknik non tes berupa observasi, wawancara, dan kajian dokumen. Validitas data dilaksanakan melalui menggunakan triangulasi teknik dan sumber data. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) langkah-langkah penerapan model Project Based Learning yaitu: (a) menentukan pertanyaan mendasar tentang materi IPAS, (b) mendesain perencanaan proyek dalam pembelajaran IPAS, (c) menyusun jadwal pembuatan proyek dalam pembelajaran IPAS, (d) memonitor siswa saat pembuatan proyek dalam pembelajaran IPAS, (e) menguji hasil proyek yang telah dibuat, dan (f) mengevaluasi pengalaman saat pembuatan proyek. Hasil observasi penerapan model Project Based Learning terhadap guru pada siklus I, II, dan III yakni 81,94%, 88,88%, dan 94,44%. Hasil observasi penerapan model Project Based Learning terhadap siswa pada siklus I, II, dan III yakni 80,55%, 88,18%, dan 93,05%; (2) penerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan kreativitas dalam pembelajaran IPAS dengan indikator pemecahan, kerincian, kebaruan, dan kelancaran. Kreativitas dalam pembelajaran IPAS siklus I, II, dan III yakni 78,84%, 85,09%, dan  91,1%; (3) kendala dalam penelitian ini, yaitu: (a) sebagian siswa gaduh saat pembelajaran, (b) siswa ragu saat menjawab pertanyaan, dan (c) belum meratanya apresiasi yang diberikan guru. Solusinya yaitu: (a) guru mengarahkan pembagian tugas kelompok, (b) guru memberikan motivasi kepada siswa, dan (c) guru memberikan apresiasi kepada semua siswa.

Simpulan penelitian ini yaitu penerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan kreativitas dalam pembelajaran IPAS tentang perubahan bentuk permukaan bumi pada siswa kelas V SD Negeri 1 Karangsari tahun ajaran 2023/2024.

Kata Kunci: Project Based Learning, Kreativitas, Pembelajaran IPAS

×
Penulis Utama : Annisa Luthfiyatur Rosyda
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7120037
Tahun : 2024
Judul : Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kreativitas dalam Pembelajaran IPAS tentang Perubahan Bentuk Permukaan Bumi pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Karangsari Tahun Ajaran 2023/2024
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2024
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Project Based Learning, Kreativitas, Pembelajaran IPAS
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Muhamad Chamdani, M.Pd.
2. Dra. Tri Saptuti Susiani, M.Pd.
Penguji : 1. Dr. Kartika Chrysti Suryandari, M.Si.
2. Drs. Ngatman, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.