Penulis Utama : Putri Kurnia Wulandari
NIM / NIP : O0120098
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keberjalanan manajemen event dan manajemen sumber daya manusia yang ada pada organisasi olahraga internasional Merbabu Sky Race tahun 2023.

            Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Pengambilan subjek dalam penelitian ini adalah menggunakan Teknik purposive sampling. Peneliti melakukan observasi di lapangan dan melakukan wawancara dengan informan yaitu leader dari Merbabu Sky Race Tahun 2023, volunteer dari UKM Sport Industry and Tourism FKOR UNS berjumlah 3 sampel dan staff dari Sunsetfalls Garden and Resort sejumlah 1 sampel, peserta Merbabu Sky Race Tahun 2023 berjumlah 3 Sampel 1 orang kategori 10k, 1 orang kategori 20k, 1 orang kategori 40k. Teknik pengumpulan data yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data dalam penelitian ini peneliti menggunakan triangulasi sebagai uji kredibilitas data. Analisis data yang digunakan untuk mengetahui manajemen organisasi olahraga dalam event olahraga Merbabu Sky Race Tahun 2023 dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan manajemen event dan manajemen sumber daya manusia yang ada pada organisasi olahraga internasional Merbabu Sky Race tahun 2023. Manajemen event terdiri atas planning (perencanaan), organizing (pengorganisasian), leading (memimpin), dan controlling (pengendalian). Serta Manajemen Sumber Daya Manusia terdiri atas 5M, Sumber daya manusia (man), Metode (method), Keuangan (Money), Bahan (Material), Mesin (Mechine). Tahapan-tahapan yang ada dari manajemen event dan manajemen sumber daya manusia diharapkan mampu berkolaborasi untuk mencapai tujuan dari diadakannya event.

            Pada penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa Sebagian besar peserta merasa puas dengan pengelolaan manajemen dan pelaksaan event dari mulai persiapan hingga penutupan. Hal ini dapat dilihat dari peminat Merbabu Sky Race tahun 2024 bertambah banyak dari tahun sebelumnya. Sumber Daya Manusia yang terdiri atas Crew Merbabu Sky Race Tahun 2023, Staff Sunsetfalls garden and resort, Volunteer, sebelum bertugas mereka diberikan pelatihan terlebih dahulu sehingga saat pelaksanaan mereka bekerja dengan maksimal demi kelancaran event. Fasilitas yang diberikan dari segi akomodasi sudah baik, namun sedikit kurang karena volunteer yang bekerja 2 hari berturut turut mendapatkan fee yang dinilai kurang. Selain fee volunteer yang dijanjikan sertifikat juga belum keluar hingga saat ini.

×
Penulis Utama : Putri Kurnia Wulandari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : O0120098
Tahun : 2024
Judul : ANALISIS MANAJEMEN OLAHRAGA DALAM PARIWISATA OLAHRAGA INTERNASIONAL MERBABU SKY RACE TAHUN 2023
Edisi :
Imprint : SURAKARTA - Fak. Keolahragaan - 2024
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kata kunci: Merbabu Sky Race, Manajemen event, manajemen sumber daya manusia.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : http://-
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Djoko Nugroho, S.Pd., M.Or.
2. Abdul Aziz Purnomo Shidiq, M.Pd.
Penguji : 1. Dr. Agus Mukholid, M.Pd.
2. Dr. Deddy Whinata Kardiyanto, S.Or., M.Pd.
Catatan Umum : -
Fakultas : Fak. Keolahragaan
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.