Penulis Utama : Eric Febrian Nugraha
NIM / NIP : K3116023
×

Eric Febrian Nugraha (K3116023). HUBUNGAN ANTARA SELF ESTEEM  DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA DI SMK N 1 SAWIT BOYOLALI TAHUN AJARAN 2020/2021. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. September 2021.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self esteem dengan motivasi belajar  pada siswa kelas XI dan XII di SMK N 1 Sawit Boyolali tahun ajaran 2020/ 2021. Penelitian ini menggunakan penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI dan XII di SMK N 1 Sawit Boyolali sejumlah 250 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling sehingga diperoleh 75 siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket self esteem dan motivasi belajar. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket yang disebarkan menggunakan googleform, selanjutnya data diuji validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan teknik korelasi pearson.
Berdasarkan frekuensi dan kategorisasi skor angket self esteem dari 75 siswa dapat diketahui 1 siswa kategori self esteem sangat tinggi, 25 siswa dalam kategori tinggi, 26 siswa dalam kategoti sedang, 21 siswa dalam kategori rendah serta 2 siswa dalam kategori sangat rendah. Sedangkan frekuensi dan kategorisasi skor angket motivasi belajar dari 75 siswa tidak ada yang tergolong dalam kategori sangat tinggi. 24 siswa masuk kategori tinggi sedangkan 32 siswa dalam kategori sedang , 14 siswa dalam kategori rendah serta 5 siswa dalam kategori sangat rendah.
Hasil uji analisis diketahui bahwa hipotesis yang diajukan diterima. Hasil korelasi pearson antara self esteem dengan motivasi belajar dengan nilai rhitung sebesar 0,673 dan rtabel = 0,227 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 sehingga rhitung 0,673 lebih besar dari rtabel = 0,227 menunjukkan adannya hubungan antara self esteem dengan motivasi belajar. Hasil analisis menghasilkan rhitung 0,673 memiliki hasil dengan nilai positif menunjukkan bahwa semakin tinggi self esteem maka semakin tinggi pula motivasi belajar. Berdasarkan hasil koefisien korelasi antara self esteem dengan motivasi belajar sebesar 0,673 yang menunjukkan bahwa self esteem dengan motivasi belajar memiliki hubungan kuat.
Penelitian memberikan sumbangan pengetahuan mengenai self esteem dan motivasi belajar, serta dapat sebagai rujukan informasi tentang hubungan self esteem dengan motivasi belajar, sehingga guru Bimbingan dan Konseling dapat menentukan layanan terkait motivasi belajar dan self esteem. Diharapkan penelitian ini dapat menjadi rujukan bagi peneliti selanjutnya yang ingin mengkaji variabel yang bersangkutan, sehingga dapat dikembangkan lagi.

 

×
Penulis Utama : Eric Febrian Nugraha
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3116023
Tahun : 2024
Judul : Hubungan Antara Self Esteem dengan Motivasi Belajar Pada Siswa SMK Negeri 1 Sawit Boyolali Tahun Ajaran 2020/2021
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2024
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : self esteem, motivasi beljar
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Naharus Surur, M. Pd
2. Citra Tectona Suryawati, M. Pd
Penguji : 1. Dr. Ribut Purwaningrum, M.Pd
2. Ma’rifatin Indah Kholili, M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.