Penulis Utama : Reva Kusuma Wardani Setyawan
NIM / NIP : O0119099
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar materi variasi gerak dasar lokomotor melalui model bermain sirkuit gerak pada peserta didik kelas III SDN 1 Boyolali tahun pelajaran 2023/2024.
Pelnellitian ini melrupakan Pelnellitian Tindakan Kellas. Pelnellitian ini dilakukan dalam dua siklus, telrdiri elmpat tahap dalam seltiap siklusnya yang melliputi tahap pelrelncanaan, tahap pellaksanaan tindakan, tahap olbselrvasi, dan tahap relflelksi. Subyelk dalam Pelnellitian Tindakan Kellas ini adalah pelselrta didik kellas III SDN 1 Boyolali yang belrjumlah 35 pelselrta didik, telrdiri dari 14 pelselrta didik putra dan 21 pelselrta didik putri. Sumbelr data dalam Pelnellitian Tindakan Kellas ini belrasal dari pelselrta didik, pelnelliti, dan guru selbagai kollabolratolr. Telknik pelngumpulan data melnggunakan tels dan olbselrvasi. Validitas data melnggunakan telknik triangulasi data. Pelnellitian Tindakan Kellas ini melnggunakan telknik analisis data selcara delskriptif kualitatif delngan telknik pelrselntasel untuk mellihat kelcelndelrungan yang telrjadi dalam prolsels pelmbellajaran.
Hasil analisis data yang telrjadi pada pra siklus kel siklus I dan siklus I kel siklus II dapat ditunjukkan selbagai belrikut: Prasiklus atau kondisi awal dari 35 peserta didik, yang termasuk dalam kategori minimal layak sesuai dengan pengalaman belajar pada aspek afektif sebanyak 29 peserta didik atau 82,86%; aspek kognitif sebanyak 21 peserta didik atau 60%; dan aspek psikomotor sebanyak 21 peserta didik atau 60%. Siklus I dari 35 peserta didik, yang termasuk dalam kategori minimal layak pada aspek afektif sebanyak 32 peserta didik atau 91,43% telah mencapai target; aspek kognitif sebanyak 27 peserta didik atau 77,14?lum tercapai target; dan aspek psikomotor sebanyak 25 peserta didik atau 71,43?lum tercapai target. Siklus II dari 35 peserta didik, yang termasuk dalam kategori minimal layak sesuai dengan pengalaman belajar pada aspek afektif sebanyak 35 peserta didik atau 100% telah mencapai target; aspek kognitif sebanyak 29 peserta didik atau 82,86% telah mencapai target; dan aspek psikomotor sebanyak 34 peserta didik atau 97,14% telah mencapai target
Berdasarkan hasil analisis di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui model bermain sirkuit gerak dapat meningkatkan hasil belajar variasi gerak dasar lokomotor pada peserta didik kelas III SDN 1 Boyolali tahun pelajaran 2023/2024.

×
Penulis Utama : Reva Kusuma Wardani Setyawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : O0119099
Tahun : 2024
Judul : Upaya Peningkatan Hasil Belajar Gerak Dasar Lokomotor Melalui Model Bermain Sirkuit Gerak pada Siswa Kelas III SDN 1 Boyolali Tahun Ajaran 2023/2024
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Keolahragaan - 2024
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Djoko Nugroho, S.Pd., M.Or.
Penguji : 1. Drs. Agus Margono, M.Kes
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Keolahragaan
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.