Penulis Utama : Ali Prakoso
NIM / NIP : O0118011
×

ABSTRAK

ALI PRAKOSO, O0118011. HUBUNGAN POWER OTOT LENGAN, KESEIMBANGAN, KOORDINASI MATA TANGAN DENGAN KEMAMPUAN SHOOTING FREE THROW PADA PESERTA EKSTRAKULIKULER BOLA BASKET SMP NEGERI 2 JATIROTO TAHUN 2023.

Skripsi. Surakarta: Fakultas Keolahragaan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Desember 2023

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan dan besar kontribusi masing-masing variabel power otot lengan, keseimbangan, koordinasi mata tangan terhadap kemampuan shooting free throw pada peserta ekstrakulikuler bola basket smp negeri 2 jatiroto tahun 2023. Kondisi kemampuan shooting freethrow peserta ekstrakulikuler SMP Negeri 2 Jatiroto belum maksimal karena masih banyak bola yang belum masuk ke ring, bahkan ada yang bola tidak sampai ke sasaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan pencarian korelasi antara dua variabel. Subjek penelitian ini adalah peserta ekstrakulikuler bola basket SMP Negeri 2 Jatiroto yang berjumlah 26 orang terdiri dari 15 orang putra dan 11 orang putri. Dalam penelitian ini teknik pengambilan data yaitu menggunakan tes yang sudah tervalidasi oleh ahli, yaitu ada medicine ball put, stork stand, lempar tangkap bola tenis, dan tes shooting freethrow sebanyak 10 kali. Setelah data diperoleh maka pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS 23, data harus di uji normalitas dan linieritasnya selanjutnya baru di uji korelasinya.

Hasil dari pengolahan data menunjukan bahwa terdapat hubungan antara power otot lengan, keseimbangan, koordinasi mata tangan dengan kemampuan shooting free throw adapun hasil Anova menghasilkan (Fhitung = 56.623) > (Ftabel = 3,03) sedangkan nilai signifikansi 0.000 < 0>power otot lengan menghasilkan besaran signifikansi (2 tailed) 0.000 < 0 xss=removed> (Rtabel = 0.388). Mengahasilkan sumbangan relatif 50% dan sumbangan efektif sebesar 43.5%. keseimbangan menghasilkan signifikansi (2 tailed) 0.002 < 0 xss=removed> (Rtabel = 0.388). Mengahasilkan sumbangan relatif 17% dan sumbangan efektif sebesar 15.2%. Koordinasi mata tangan menghasilkan besaran signifikansi (2 tailed) 0.000 < 0 xss=removed> (Rtabel = 0.388). Mengahasilkan sumbangan relatif 33% dan sumbangan efektif sebesar 29.7%.

Kesimpulan, ada hubungan yang signifikan antara variabel X dan Variabel Y peserta ekstrakulikuler bola basket SMP Negeri 2 Jatiroto Tahun 2023. Power otot lengan menjadi kontribusi paling besar dalam kemampuan freethrow karena mengahasilkan sumbangan relatif 50% dan sumbangan efektif sebesar 43.5%.

Kata Kunci: Power otot lengan, keseimbangan, koordinasi mata tangan, Freethrow

×
Penulis Utama : Ali Prakoso
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : O0118011
Tahun : 2024
Judul : HUBUNGAN POWER OTOT LENGAN, KESEIMBANGAN, KOORDINASI MATA TANGAN DENGAN KEMAMPUAN SHOOTING FREE THROW PADA PESERTA EKSTRAKULIKULER BOLA BASKET SMP NEGERI 2 JATIROTO TAHUN 2023
Edisi :
Imprint : surakarta - Fak. Keolahragaan - 2024
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kata Kunci: Power otot lengan, keseimbangan, koordinasi mata tangan, Freethrow
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Pomo Warih Adi, S.Pd., M.Or.
2. Ahmad Septiandika Adirahma, S.Pd., M.Or.
Penguji : 1. Drs. Budhi Satyawan, M.Pd.
2. Dr. Tri Winarti Rahayu, S.Pd, M.Or
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Keolahragaan
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.