Penulis Utama : Andhika Oktavianto
NIM / NIP : K4617011
×

ANDHIKA OKTAVIANTO. K4617011. IMPLEMENTASI PROGRAM LATIHAN KLUB RENANG PANDHOWO KLATEN PADA MASA PERALIHAN PANDEMI COVID-19 PADA TAHUN 2022-2023. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keolahragaan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Februari 2023.

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak serta faktor penghambat dan proses implementasi program latihan klub renang Pandhowo pada masa Peralihan Pandemi Covid-19 Pada Tahun 2022-2023.

Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi evaluatif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2022. Subjek penelitian adalah atlet Klub Renang Pandhowo, dengan jumlah populasi sebanyak 39 orang dan sampel yang diambil seluruh atlet yaitu sebanyak 39 orang. Sumber data berasal dari pelatih, atlet, dan peneliti. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Teknik analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian yang didapatkan yaitu sebagai berikut: Klub Renang Pandhowo tetap melaksanakan latihan secara maksimal di masa peralihan pandemic covid 19 dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah dan menerapkan program tambahan sebagai solusi untuk memaksimalkan latihan karena adanya pembatasan kuota kolam renang. Implementasi program latihan renang pada masa peralihan yaitu memadukan program sebelum pandemic dan ketika pandemic serta menerapkan materi latihan diluar kolam yang terbukti meningkatkan daya tahan, kecepatan, kekuatan otot, dan fleksibilitas atlet. Implementasi program pada masa peralihan meningkatkan beberapa prestasi atlet yang meliputi: materi latihan pegang depan pelampung meningkat, rerata prestasi pegangan belakang meningkat, rerata prestasi driil kiri meningkat, rerata prestasi driil kanan meningkat, rerata prestasi driil lengkap meningkat, rerata prestasi meluncur meningkat, rerata prestasi stroke meningkat, rerata prestasi renang meningkat. Antusiasme atlet yang diukur pada persentase kehadiran siswa menunjukan hasil yang bagus.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah implementasi program pada masa peralihan pandemic menerapkan program tambahan sebagai solusi untuk memaksimalkan latihan karena adanya pembatasan kuota renang. Implementasi program latihan pada masa peralian yaitu memadukan program sebelum paandemi serta menerapkan materi latihan di luar kolam

×
Penulis Utama : Andhika Oktavianto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4617011
Tahun : 2024
Judul : IMPLEMENTASI PROGRAM LATIHAN KLUB RENANG PANDHOWO KLATEN PADA MASA PERALIHAN PANDEMI COVID-19 PADA TAHUN 2022-2023
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Keolahragaan - 2024
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Impelementasi Program, Latihan Berenang, Masa Peralihan Pandemi.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Waluyo, M.Or
2. Baskoro Nugroho Putro, S.Pd., M.Pd.
Penguji : 1. Drs. Budhi Satyawan, M.Pd.
2. Tri Winarti Rahayu, S.Pd., M.Or
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Keolahragaan
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.