Penulis Utama : Della Anggun Dwi Astuti
NIM / NIP : F0219037
×

Desa Srigading merupakan desa yang terletak di Kecamatan Sanden Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta.  Desa Srigading memiliki letak yang cukup strategis karena terletak di sepanjang pesisir pantai selatan dan dilalui oleh Jalur Jalan Lintas Selatan. Lokasi yang dinilai strategis ini menyebabkan mata pencaharian di kalangan masyarakat cukup beragam di berbagai bidang, seperti pertanian lahan basah, peternakan, kuliner, dan karya seni khususnya seni kriya. Salah satu usaha yang cukup terkenal di Desa Srigading adalah usaha pembuatan pagar dari bamboo dari UMKM Novi Bamboo.

Usaha pembuatan pagar bamboo merupakan usaha milik seorang warga bernama Pak Sudarmanto yang telah berdiri sejak tahun 2000 dan merupakan satu-satunya usaha yang ada di Desa Srigading. UMKM Novi Bamboo merupakan usaha dengan skala yang cukup besar karena memiliki jumlah karyawan sebanyak 30 orang . Selain itu, Novi Bamboo memiliki pangsa pasar yang cukup luas karena hasil produksi tidak hanya dikirim dalam negeri, namun sudah sampai luar negeri  seperti Eropa dan Australia. Skala yang cukup besar membuat proses pengelolaan manajemen juga semakin rumit khususnya dalam bidang manajemen sumber daya manusia.

Salah satu permasalahan yang sering dialami oleh Novi Bamboo terkait dengan manajemen sumber daya manusia adalah perputaran karyawan yang cukup tinggi karena sebagian besar karyawan adalah anak muda yang tidak memiliki rencana kerja dalam jangka waktu panjang. Masa kerja yang cenderung singkat ini juga berimbas pada proses pelatihan yang dialami karyawan harus semakin sering dilakukan. Pengelolaan sumber daya manusia yang cukup besar dan proses pelatihan yang harus sering dilakukan pada UMKM Novi Bamboo ini akhirnya menjadi alasan peneliti untuk melakukan penelitian terkait metode yang tepat untuk melakukan pengelolaan sumber daya manusia dengan bijak dan sesuai dengan pelatihan ketrampilan kerja melalui keselamatan dan kesehatan kerja (K3) juga implementasi on the job training (OJT) pada kinerja Novi Bamboo. Dari hasil penelitian melalui analisis CSF (Critical Success Factor) didapatkan hasil bahwa dengan adanya penampungan saran dan tindak lanjut dari saran konsumen dapat meningkatkan kinerja UMKM. Tindak lanjut dari saran konsumen ini juga dapat meningkatkan kualitas produksi karena konsumen merupakan faktor penentu peningkatan kinerja UMKM.

×
Penulis Utama : Della Anggun Dwi Astuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0219037
Tahun : 2024
Judul : Analisis Pelatihan Keterampilan Kerja Melalui Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dan On The Job Training Pada Kinerja Novi Bamboo Desa Srigading
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2024
Program Studi : S-1 Manajemen
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Desa Srigading,UMKM, Sumber Daya Manusia, K3, OJT
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. DR. MUGI HARSONO S.E, M.SI
Penguji : 1. DR. WULAN PERMATASARI, S.E., M.M.
2. SARWOTO S.E., M.SC, PH.D
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.