Penulis Utama : Adien Tsaqif Wardhana
NIM / NIP : K4419004
×

PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBASIS INFOGRAFIS UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SEJARAH PADA PESERTA DIDIK KELAS XI IPS 1 SMA MUHAMMADIYAH 1 KLATEN TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, November 2023. 
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menerapkan model Project Based Learning (PjBL) berbasis infografis sejarah untuk meningkatkan minat belajar sejarah pada peserta didik; 2) Menerapkan model Project Based Learning (PjBL) berbasis infografis sejarah untuk meningkatkan hasil belajar sejarah.
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, wawancara, tes, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS 1 SMA Muhamamdiyah 1 Klaten Tahun Pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 22 peserta didik. Objek penelitiannya adalah minat belajar, hasil belajar sejarah, dan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbasis infografis sejarah.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model pembelajaran PjBL berbasis infografis sejarah secara signifikan meningkatkan minat belajar peserta didik. Hasil pengukuran angket minat belajar menunjukkan peningkatan yang konsisten dalam keempat indikator minat belajar: perasaan senang, perhatian, ketertarikan, dan keterlibatan peserta didik. Pada siklus I, persentase pencapaian minat belajar kategori tinggi sebesar 80,22%, dan rata-rata persentase pencapaian indikator minat belajar sebesar 77,67%. Pada siklus II, persentase pencapaian minat belajar kategori tinggi meningkat menjadi 86,67%, dan rata-rata persentase pencapaian indikator minat belajar sebesar 84,31%. Hal ini mengindikasikan bahwa penerapan PjBL berbasis infografis sejarah efektif dalam meningkatkan minat belajar peserta didik; 2) Peningkatan hasil belajar peserta didik, tes ranah kognitif menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar peserta didik. Pada prasiklus, nilai persentase ketuntasan post test sebesar 27%. Pada siklus I, persentase ketuntasan meningkat menjadi 54,5%, yang merupakan peningkatan sebesar 27,5?ri nilai awal prasiklus. Pada siklus II, persentase ketuntasan meningkat menjadi 82%, yang merupakan peningkatan sebesar 55?ri nilai awal prasiklus. Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan PjBL berbasis infografis sejarah dapat efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam aspek kognitif.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbasis infografis sejarah mampu meningkatkan minat belajar sejarah; 2) penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbasis infografis sejarah mampu meningkatkan hasil belajar sejarah.

×
Penulis Utama : Adien Tsaqif Wardhana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4419004
Tahun : 2024
Judul : Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Berbasis Infografis untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Sejarah pada Peserta Didik Kelas XI IPS 1 SMA Muhammadiyah 1 Klaten Tahun Pelajaran 2022/2023
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2024
Program Studi : S-1 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Minat Belajar, Hasil Belajar, Project Based Learning, Infografis
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Djono, M.Pd.
2. Drs. Herimanto, M.Pd., M.Si.
Penguji : 1. Prof. Dr. Akhmad Arif Musadad, M.Pd.
2. Dadan Adi Kurniawan, S.Pd., M.A.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.