Penulis Utama : Fadila Sabrina Khusnandi
NIM / NIP : K7120092
×

Fadila Sabrina Khusnandi. K7120092. Pembimbing I: Dr. Moh. Salimi, M. Pd. Pembimbing II: Dr. Rokhmaniyah, M. Pd. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE DENGAN MEDIA PHET SIMULATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN IPAS TENTANG BENTUK ENERGI KELAS IV SD NEGERI 3 KLAPASAWIT TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan penerapan langkah-langkah model Children Learning in Science dengan media PhET Simulation, dan (2) meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui penerapan model Children Learning in Science dengan media PhET simulation tentang bentuk dan energi kelas IV SD Negeri 3 Klapasawit tahun ajaran 2023/2024.
Penelitian tindakan kelas kolaboratif ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 3 Klapasawit. Data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini sebagai berikut. Pertama, penerapan langkah-langkah model Children Learning in Science dengan media PhET Simulation yaitu: (a) orientasi dengan mengajak siswa melihat fenomena yang terjadi pada kehidupan sehari-hari, (b) pemunculan gagasan dengan dengan media PhET Simulation, (c) penyusunan ulang gagasan dengan media PhET Simulation, (d) penerapan gagasan melalui LKPD, (e) pemantapan gagasan menggunakan media PhET Simulation. Kedua, penerapan model Children Learning in Science dengan media PhET Simulation dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Rata-rata hasil kemampuan berpikir kritis pada siklus I sebesar 73% kategori cukup, siklus II sebesar 82% kategori baik, siklus III sebesar 86% siklus III kategori baik. 
Kesimpulan penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) dengan media PhET Simulation untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran IPAS tentang bentuk energi siswa kelas IV SD Negeri 3 Klapasawit tahun ajaran 2023/2024.
Kata kunci: Children Learning in Science, PhET Simulation, Kemampuan Berpikir Kritis

 

×
Penulis Utama : Fadila Sabrina Khusnandi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7120092
Tahun : 2024
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Children Learning in Science dengan Media PhET Simulation untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran IPAS tentang Bentuk Energi Kelas IV SD Negeri 3 Klapasawit Tahun Ajaran 2023/2024
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2024
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Children Learning in Science, PhET Simulation, Kemampuan Berpikir Kritis
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Moh. Salimi, M. Pd.
2. Dr. Rokhmaniyah, M. Pd.
Penguji : 1. Drs. Wahyudi, M. Pd.
2. Dr. Murwani Dewi Wijayanti, M. Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.