Penulis Utama : Puji Asih
NIM / NIP : K7120204
×

Puji Asih. K7120204. Pembimbing I: Dr. Suhartono, M.Pd. Pembimbing II: Drs. Ngatman, M.Pd. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DICK AND CAREY DENGAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI BERTEMAN DALAM KERGAMAN PADA SISWA KELAS II SD NEGERI SITIBENTAR TAHUN 2023/2024. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Maret 2024

 

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan langkah penerapan model Dick and Carey dengan media puzzle; (2) meningkatkan motivasi belajar melalui penerapan model Dick and Carey dengan media puzzle; (3) meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia melalui penerapan model Dick and Carey dengan media puzzle dan (4) menemukan kendala dan solusi penerapan model Dick and Carey dengan media puzzle.

Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian guru dan siswa kelas II SD Negeri Sitibentar tahun 2023/2024. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes berupa tes evaluasi tertulis dan teknik nontes yang meliputi teknik observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Teknik uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data dilakukan dengan langkah mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan.

Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, penerapan model Dick and Carey dengan media puzzle dilaksanakan dengan langkah-langkah: (1) penyampaian tujuan pembelajaran, (2) pelaksanaan pretest, (3) pelaksanaan kegiatan pembelajaran dengan media puzzle, (4) pengembangan materi pembelajaran, (5) pelaksanaan evaluasi formatif. Hasil observasi penerapan model Dick and Carey dengan media puzzle mengalami peningkatan setiap siklusnya. Hasil observasi terhadap guru mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 10,12% dan dari siklus II ke siklus III mengalami peningkatan sebesar 4,64%. Hasil observasi terhadap siswa menunjukkan terjadinya peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 4,61% dan dari siklus II ke siklus III sebesar 2,46%. Kedua, penerapan model Dick and Carey dengan media puzzle dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar Bahasa Indonesia materi Berteman dalam Keragaman pada siswa kelas II SD Negeri Sitibentar. Hasil observasi terhadap siswa menunjukkan bahwa persentase motivasi belajar yang diperoleh pada siklus I sebesar 76,28%, siklus II sebesar 87,54%, dan siklus III sebesar 91,94%. Hasil belajar Bahasa Indonesia juga mengalami peningkatan pada setiap siklus. Persentase siswa tuntas pada siklus I sebesar 75%, pada siklus II sebesar 85,71%, dan pada siklus III sebesar 89,29%. Ketiga, kendala yang ditemukan dalam penerapan model Dick and Carey dengan media puzzle untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar Bahasa Indonesia materi Berteman dalam Keragaman pada siswa kelas II SD Negeri Sitibentar adalah: (1) beberapa siswa tidak mengerjakan soal pretest secara maksimal; (2) pelaksanaan kegiatan diskusi yang kurang efektif; (3) pada langkah mengembangakan materi pembelajaran siswa cenderung pasif; (4) beberapa siswa tidak berpendapat dalam kegiatan kelompok; (5) siswa tidak menyimpulkan materi pembelajaran; (6) hanya beberapa siswa yang aktif menjawab pertanyaan guru. Solusi yang diberikan peneliti untuk mengatasi kendala tersebut adalah: (1) sebelum mengerjakan soal pretest, guru menyampaikan batasan waktu pengerjaan dan langkah pengerjaan dengan jelas; (2) guru membentuk kelompok yang lebih kecil dengan 3 atau 4 siswa dalam setiap kelompok; (3) guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya materi yang belum dipahami; (4) guru membimbing siswa untuk saling berpendapat dengan membagi tugas dalam kegiatan diskusi kelompok; (5) guru membimbing siswa untuk menyimpulkan materi pembelajaran dengan metode tanya jawab; (6) memberikan reward/penghargaan kepada siswa yang aktif di dalam kelas.

Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model Dick and Carey dengan media puzzle dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar Bahasa Indonesia materi Berteman dalam Keragaman pada siswa kelas II SD Negeri Sitibentar tahun 2023//2024.

 

×
Penulis Utama : Puji Asih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7120204
Tahun : 2024
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Dick and Carey dengan Media Puzzle untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas II SD Negeri Sitibentar Tahun 2023/2024
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2024
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Dick and Carey, puzzle, motivasi dan hasil belajar
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Suhartono, M. Pd. dan Drs. Ngatman, M.Pd.
Penguji : 1. Drs. Wahyudi, M. Pd. dan Dr. Dewi Indrapangastuti, M. Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.