Penulis Utama : Alvina Putri Utami
NIM / NIP : B0420005
×

Ambachtsschool Keboemen adalah salah satu lembaga pendidikan kejuruan pertukangan untuk pribumi yang diselenggarakan oleh Pemerintah Hindia Belanda. Ambachtsschool atau Sekolah Pertukangan di Kebumen berdiri pada tahun 1915 dan ditutup pada tahun 1942. Tujuan penelitian ini adalah pertama, mengetahui latar belakang berdirinya Ambachtsschool Keboemen. Kedua, mengetahui perkembangan Ambachtsschool Keboemen selama tahun 1915 sampai dengan tahun 1942. Ketiga, untuk mengetahui bagaimana penyaluran kerja alumni Ambachtsschool Keboemen.
Penelitian ini menggunakan metode sejarah yang terdiri dari empat tahapan, yaitu heuristik, kritik sumber, interpretasi, dan historiografi. Penulisan menggunakan sumber sezaman seperti Staatsblad, Regeering Almanak, dan surat kabar seperti de Locomotief dan Algeemen Handelsblad Voor Nederlandsch-Indie. Sumber yang telah dikumpulkan kemudian masuk ke tahap kritik baik internal maupun eksternal. Setelah itu dilakukan interpretasi atau analisis sumber untuk mendapatkan fakta sejarah. Kumpulan fakta sejarah yang didapat kemudian disusun dan dituliskan dalam tahap historiografi.
Hasil penelitian menunjukan Kebumen pada awal abad XX telah mengalami modernisasi yang salah satu faktor pendukungnya adalah industrialisasi. Berdirinya industri-industri baik milik pemerintah maupun perseorangan di wilayah  Kebumen menjadikannya sebagai salah satu daerah pusat industri di Hindia Belanda. Industrialisasi berdampak pada munculnya kebutuhan akan tukang terdidik dalam jumlah besar dan biaya yang murah sehingga melahirkan Ambachtsschool Keboemen di bawah naungan Departemen Pertanian, Perindustrian, dan Perdagangan Hindia Belanda. Ambachtsschool Keboemen kemudian berkembang menjadi lembaga pendidikan yang diminati masyarakat Kebumen. Perkembangan Ambachtsschool Keboemen juga meliputi pergantian statusnya menjadi Ambachtsleergang Keboemen. Penambahan jumlah pengangguran setelah pergantian status ini mempengaruhi mekanisme penyaluran kerja alumni pendidikan pertukangan di Kebumen melalui pembentukan asosiasi kerja. 
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pertama pendirian Ambachtsschool Keboemen dilatarbelakangi oleh kebutuhan akan tenaga kerja tukang terdidik murah untuk industri-industri lokal Kebumen yang berkembang pesat pada awal abad XX. Kedua, Ambachtsschool Keboemen mengalami perkembangan yang pesat dan menjadi salah satu jenis pendidikan yang banyak diminati masyarakat Kebumen sepanjang tahun 1915 sampai dengan 1942. Ketiga, alumni Ambachtschool Keboemen disalurkan untuk bekerja melalui dua mekanisme yakni bekerja secara langsung di bidang industri dan bergabung ke dalam asosiasi kerja. 

 

×
Penulis Utama : Alvina Putri Utami
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0420005
Tahun : 2024
Judul : AMBACHTSSCHOOL KEBOEMEN: SEKOLAH KEJURUAN PENYEDIA TENAGA PERTUKANGAN TERDIDIK DI KEBUMEN TAHUN 1915-1942
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2024
Program Studi : S-1 Ilmu Sejarah
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : ambachtsschool, pertukangan, Kebumen
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Asti Kurniawati, M. Hum.
2. Dr. Hayu Adi Darmarastri, M. Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.