Penulis Utama : Muhammad Baharuddin Daeng Sitaba
NIM / NIP : K1317050
×

Muhammad Baharuddin Daeng Sitaba, PROFIL TIPE PEMAHAMAN SKEMP MATERI TURUNAN DITINJAU DARI TIPE ADVERSITY QUOTIENT PADA SISWA KELAS XII SMK WARGA SURAKARTA. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Desember 2023.
Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan profil pemahaman matematis siswa SMK Warga Surakarta Berdasar tipe pemahaman Skemp pada materi turunan bagi siswa yang memiliki AQ tinggi (climber), (2) mendeskripsikan profil pemahaman matematis siswa SMK Warga Surakarta Berdasar tipe pemahaman Skemp pada materi turunan bagi siswa yang memiliki AQ sedang (camper), serta (3) mendeskripsikan profil pemahaman matematis siswa SMK Warga Surakarta Berdasar tipe pemahaman Skemp pada materi turunan bagi siswa yang memiliki AQ rendah (quitter).
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK Warga Surakarta yang berjumlah 3 siswa yang mewakili masing-masing tipe adversity quotient yakni quitter, camper, climber. Subjek ditentukan dengan teknik sampel bertujuan. Sumber data diperoleh dari siswa yang menjadi subjek penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket, tes, dan wawancara. Validitas data menggunakan teknik triangulasi waktu. Analisis data menggunakan empat langkah, yakni mengorganisasikan data, melakukan analisis data, menyatakan temuan penelitian dan melakukan pembahasan. Prosedur penelitian menggunakan beberapa tahap yang saling berkaitan.
Simpulan dari penelitian ini adalah siswa dengan tipe adversity quotient tinggi (climber) memiliki tipe pemahaman yang tidak jauh berbeda dengan siswa bertipe adversity quotient sedang (camper), mereka mampu menyatakan ulang, menerapkan, dan mengaitkan berbagai konsep turunan aljabar yang telah dipelajari, untuk mencari titik stasioner dan nilai maksimum miminum pada fungsi yang diberikan. Siswa dengan tipe adversity quotient rendah (quitter) hanya mampu mencari, menuliskan dan menggunakan formula, aturan, teorema, rumus turunan aljabar dari berbagai sumber untuk mencari turunan pertama suatu fungsi yang diberikan.

 

×
Penulis Utama : Muhammad Baharuddin Daeng Sitaba
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1317050
Tahun : 2023
Judul : Profil Tipe Pemahaman Skemp Materi Turunan Ditinjau dari Tipe Adversity Quotient pada Siswa Kelas XII SMK Warga Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : pemahaman skemp, adversity quotient, turunan aljabar.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Ponco Sujatmiko, M.Si
2. Sutopo, S.Pd, M.Pd
Penguji : 1. Dr. Triyanto, S.Si., M.Si.
2. Dr. Ikrar Pramudya, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.