Penulis Utama : Agal Dani Argo
NIM / NIP : K2519004
×

Agal Dani Argo NIM K2519004. Pembimbing I Drs. Ranto, M.T. Pembimbing II Towip, S.Pd., M.T. “UPAYA PENINGATAN KEAKTIFAN BELAJAR MAHASISWA PADA PERKULIAHAN MOTOR BAKAR MAHASISWA PRODI PTM FKIM UNS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING.” Skripsi, Surakarta, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta Agustus 2023.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam upaya meningkatkan keaktifan belajar mahasiswa pada mata kuliah Motor Bakar Mahasiswa Semester 2 tahun 2022 Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) model dari Suharsimi Arikunto (2008) dengan 3 siklus dengan tiap-tiap siklus terdiri dari (1) Perencanan (2) pelaksanaan (3) Pengamatan (4) Refleksi yang memfokuskan pada tindakan dalam upaya meningkatkan keaktifan belajar mahasiswa pada mata kuliah Motor Bakar. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi. Selanjutnya, subjek penelitian nya adalah mahasiswa Perkuliahan Motor Bakar Kelas A semester 2 Prodi Pendidikan Teknik Mesin 2022 tahun 2023 dengan jumlah mahasiswa Perkuliahan Motor Bakar Kelas A berjumlah 42 mahasiswa. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kualitatif Berdasarkan hasil penelitian, dengan diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), keaktifan belajar mahasiswa memperoleh peningkatan. Dan untuk mengetahui hasil dari peningkatan aktivitas belajar siswa, mahasiswa

Berdasarkan Penelitian menunjukkan bahawa keaktifan dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Motor Bakar di kelas A PTM FKIP UNS terbilang rendah. Berdasarkan data yang diperoleh pada tahap pra siklus persentase semua indicator sebanyak 38,44%, siklus 1 persentase semua indikator sebanyak 68.06% dan siklus 2 persentase semua indikator sebanyak 78,04%. Dan siklus 3 persentase semua indicator sebanyak 82,06%.

Penelitian ini menghasilkan simpulan sebagai berikut Hasil analisis dan pembahasan penelitian berdasarkan penelitian yang sudah dilaksanakan, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatan keaktifan belajar mahasiswa pada mata kuliah Motor Bakar PTM FKIP UNS Semester II tahun 2023.

×
Penulis Utama : Agal Dani Argo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2519004
Tahun : 2024
Judul : UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR MAHASISWA PADA PERKULIAHAN MOTOR BAKAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PTM FKIP UNS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2024
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Mesin
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Problem Based Learning (PBL), Keaktifan Belajar, Mata Kuliah Motor Bakar
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : https://digilib.uns.ac.id/
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Ranto, M.T.
2. Towip, S.Pd., M.T.
Penguji : 1. Prof. Dr. Indah Widiastuti, ST., M.Eng.
2. Dr.Eng. Nyenyep Sriwardani, ST.,MT.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.