Penulis Utama : Sofyan Darmawan
NIM / NIP : K5417070
×

Sofyan Darmawan. K417070.  ANALISIS HUBUNGAN TIPOLOGI WILAYAH DENGAN TINGKAT KEMISKINAN WILAYAH SUBOSUKAWONOSRATEN TAHUN 2016-2020. Skripsi, Surakarta. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, 2024.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis dinamika tipologi wilayah dan sektor unggulan kabupaten/kota di SUBOSUKAWONOSRATEN tahun 2016-2020, (2) menganalisis dinamika tingkat kemiskinan wilayah Kabupaten/Kota di SUBOSUKAWONOSRATEN tahun 2016-2020, dan (3) menganalisis hubungan antara tipologi wilayah dengan tingkat kemiskinan di wilayah Kabupaten/Kota di SUBOSUKAWONOSRATEN tahun 2016-2020.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, teknik analisis yang digunakan yaitu Tipologi Klassen dan matriks potensi untuk mengetahui tipologi wilayah dan sektor unggulan, perhitungan dari BKKBN dan BPS untuk mengetahui tingkat kemiskinan, teknik overlay dan asumsi keselarasan untuk mengetahui hubungan tipologi wilayah dengan tingkat kemiskinan.
Hasil penelitian ini adalah (1) tipologi wilayah kategori maju cepat di tahun 2016 yaitu Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Sragen, kategori berkembang cepat yaitu Kabupaten Karanganyar dan Kota Surakarta, tahun 2017-2019 tidak ada perubahan kategori, wilayah maju cepat yaitu Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Sragen, dan Kota Surakarta, wilayah berkembang cepat yaitu Kabupaten Boyolali, wilayah tertinggal yaitu Kabupaten Wonogiri dan di tahun 2020 tidak ada wilayah yang memiliki kategori maju cepat. Sektor unggulan dari tahun 2016-2020 didominasi konstruksi dan industri pengolahan. (2) tingkat kemiskinan menurut perhitungan kemiskinan  dari BKKBN Kabupaten Klaten dan perhitungan kemiskinan  dari BPS Kabupaten Sragen setiap tahunnya tidak mengalami perubahan yaitu di tingkat kemiskinan dengan klasifikasi sangat miskin, sedangkan wilayah Kabupaten Boyolali, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Karanganyar, dan Kota Surakarta setiap tahunnya memiliki tingkat kemiskinan yang beragam (3) hubungan keselarasan tipologi wilayah dengan tingkat kemiskinan menurut BKKBN. Kabupaten Boyolali didominasi hubungan selaras, sedangkan menurut BPS, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Sukoharjo, dan Kota Surakarta didominasi hubungan selaras, wilayah Kabupaten Klaten, Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Sragen didominasi hubungan tidak selaras.
 

 

×
Penulis Utama : Sofyan Darmawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5417070
Tahun : 2024
Judul : Analisis Hubungan Tipologi Wilayah dengan Tingkat Kemiskinan Wilayah SUBOSUKAWONOSRATEN Tahun 2016-2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2024
Program Studi : S-1 Pendidikan Geografi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Tipologi wilayah, Kemiskinan, SUBOSUKAWONOSRATEN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Rita Noviani., S.Si., M.Sc
2. Rahning Utomowati., S.Si., M.Sc
Penguji : 1. Dr. Pipit Wijayanti., S.Si., M.Sc
2. Lintang Ronggowulan., S.Pd., M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.