Penulis Utama : Rania Putri
NIM / NIP : K8119057
×

Rania Putri. K8119057. Pembimbing I: Adriani Rahma Pudyaningtyas, S.Psi., M.A. Pembimbing II: Anjar Fitrianingtyas, S.Pd., M.Pd. PENGARUH MEDIA PAPAN MAGNET HIJAIYAH TERHADAP PENGENALAN HURUF HIJAIYAH PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2024.

Pengenalan huruf hijaiyah adalah salah satu pembelajaran bahasa pada anak usia dini, yaitu mengenal huruf-huruf yang menyusun kata bahasa arab atau AlQur’an. Huruf Hijaiyah penting untuk diajarkan kepada anak sejak dini karena merupakan hal yang mendasar bagi umat muslim, khususnya dalam membaca dan mengenal Al-Qur’an. Papan magnet hijaiyah merupakan media pembelajaran berupa papan magnet yang terbuat dari papan kayu dilapisi dengan lapisan seng, magnet dan stiker, serta dilengkapi dengan magnet huruf-huruf hijaiyah, magnet pin, spidol warna beserta penghapusnya dengan tujuan untuk membantu dalam pengenalan huruf hijaiyah pada anak usia dini.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan media Papan Magnet Hijaiyah terhadap pengenalan huruf hijaiyah anak usia 4-5 tahun.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian one-group posttest-pretest design dengan desain pre experimental design. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Responden penelitian ini adalah 25 anak usia 4-5 tahun di TK Aisyiyah 20 Pajang Surakarta. Uji normalitas dan homogenitas menggunakan Shapiro Wilk dan lavene test of equality of variance. Analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik parametrik setelah data dinyatakan normal dan homogen dengan taraf signifikansi > 0,05. Uji hipotesis menggunanakan paired sample t-test menggunakan SPSS 25 for windows.

Hasil analisis data menunjukkan bahwa setelah diberikan treatment, pengenalan huruf hijaiyah anak semakin menunjukkan peningkatan, baik dalam mengidentifikasi, melafalkan dan meniru menulis huruf hijaiyah “ب, ت, ث, ج, ح, dan خ “serta membedakan pelafalalan huruf hijaiyah “ث dengan س“,” ح dengan ه“, serta ” خ “dengan “غ“. Hasil analasis data menunjukkan adanya perbedaan pada nilai rata-rata kelompok dari 10,72 pada saat pretest meningkat menjadi 15,84 pada saat posttest. Selain itu juga menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,000 dimana dasar pengambilan keputusan jika nilai signifikan (p< 0>

×
Penulis Utama : Rania Putri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8119057
Tahun : 2024
Judul : PENGARUH MEDIA PAPAN MAGNET HIJAIYAH TERHADAP PENGENALAN HURUF HIJAIYAH PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2024
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Papan Magnet Hijaiyah, Pengenalan Huruf Hijaiyah, Anak Usia Dini
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Adriani Rahma Pudyaningtyas, S.Psi., M.A.
2. Anjar Fitrianingtyas, S.Pd., M.Pd.
Penguji : 1. Dr. Anayanti Rahmawati, S.Psi,Psi, M.A.
2. Nurul Kusuma Dewi, S.Pd., M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.