Penulis Utama : Indriya Dinna Mardiani
NIM / NIP : K6420037
×

ABSTRAK

Indriya Dinna Mardiani. K6420037. Pembimbing I: Wijianto, S.Pd., M.Sc. Pembimbing II: Dr. Winarno, S.Pd., M.Si. PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN DIAGNOSTIK KOGNITIF BERBANTUAN QUIZIZZ PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA (STUDI PADA FASE E SMA BATIK 1 SURAKARTA). Skripsi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Februari 2024.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan instrumen asesmen diagnostik kognitif berbantuan Quizizz pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila Fase E di SMA Batik 1 Surakarta;  (2) menguji kelayakan instrumen asesmen diagnostik kognitif berbantuan Quizizz pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila Fase E di SMA Batik 1 Surakarta. Metode yang digunakan adalah Design Based Research (DBR) melalui empat tahapan, yaitu analisis permasalahan, perancangan solusi, siklus berulang dan perbaikan, serta refleksi dan implementasi. Pengumpulan data dilakukan melalui oservasi, angket, wawancara, dokumentasi, dan tes. Uji validitas data kualitatif dengan triangulasi sumber dan metode, sedangkan data kuantitatif menggunakan uji validasi para ahli yaitu ahli materi, ahli asesmen, dan ahli media. Teknik analisis data meliputi analisis data kualitatif dari hasil pengumpulan data dan analisis data kuantitatif dari hasil uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran, uji daya beda, dan uji efektivitas menggunakan Uji-T. Hasil penelitian ini yaitu (1) pengembangan produk instrumen asesmen diagnostik kognitif berupa kisi-kisi asesmen, kartu soal asesmen, dan rubrik penilaian asesmen yang dikembangkan dengan bantuan Quizizz. (2) Produk pengembangan diuji validasi oleh para ahli dengan hasil uji kelayakan berdasarkan validasi ahli materi sebesar 80%, ahli validasi instrumen asesmen pada instrumen kisi-kisi sebesar 98%, instrumen kartu soal sebesar 97,5%, dan instrumen rubrik penilaian sebesar 100%, serta validasi ahli media sebesar 97,5%. Setelah produk dinyatakan valid, kemudian dilakukan uji coba terbatas dan luas. Dari hasil analisis butir soal uji coba luas, 8 soal dinyatakan valid di kelas X.10 dan 9 soal dinyatakan valid di kelas X.11. Hasil uji reliabilitas di kelas X.10 dikategorikan tinggi dan di kelas X.11 dikategorikan sangat tinggi. Kemudian, dari hasil uji tingkat kesukaran di kelas X.10 terdapat 1 soal kategori sukar, 4 soal kategori sedang, dan 5 soal kategori mudah. Sedangkan di kelas X.11 terdapat 2 soal kategori sedang dan 8 soal kategori mudah. Hasil uji daya beda di kelas X.10 menyatakan seluruh soal memiliki daya beda baik dan di kelas X.11 satu soal dinyatakan memiliki daya beda buruk. Untuk hasil uji efektivitas mendapatkan nilai sebesar 0,04 yang artinya terdapat perbedaan antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen yang berbantuan Quizizz.

×
Penulis Utama : Indriya Dinna Mardiani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6420037
Tahun : 2024
Judul : Pengembangan Instrumen asesmen Diagnostik Kognitif Berbatuan Quizizz pada mata Pelajaran Pendididkan Pancasila (Studi pada Fase E SMA Batik 1 Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2024
Program Studi : S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kata Kunci: Asesmen Diagnostik Kognitif, DBR, Quizizz, Pendidikan Pancasila
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Link DOI : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Wijianto, S.Pd., M.Sc.
2. Dr. Winarno, S.Pd., M.Si.
Penguji : 1. Dr. Muh Hendri Nuryadi, S.Pd., M.Sc.
2. Widya Noventari, S.Pd., M.Sc.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.