Penulis Utama : Alessandra Maria Daniartha
NIM / NIP : D0219005
×

Personal brand adalah persepsi tentang segala sesuatu bagaimana orang lain atau diri sendiri menerima seseorang. Personal brand dianggap penting karena dapat digunakan sebagai sarana untuk menambah jumlah pengikut, mendapat dukungan dari khalayak, menjual produk atau berkolaborasi dengan sebuah brand, atau hanya sekadar menunjukkan eksistensinya di khalayak umum. Salah satu media yang saat ini banyak digunakan untuk menjual personal brand adalah media sosial. Pada saat ini, perkembangan bisnis berkembang pesat salah satunya pada bidang jasa. Diantara banyaknya bisnis jasa yang diminati masyarakat akhir-akhir ini salah satunya adalah bidang jasa tata rias (makeup). Setiap makeup artist pasti memiliki strategi tersendiri untuk membentuk citra yang akan menjadi ciri khasnya. Sarah Erial adalah salah satu makeup artist yang memanfaatkan Instagram untuk membentuk personal branding. Hal yang menarik dari Sarah Erial adalah branding dirinya sebagai makeup artist yang peduli terhadap lingkungan hidup. Fenomena ini menjadi menarik karena penelitian dengan topik ini masih jarang ditemukan.

Penelitian ini menggunakan metode dasar kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan melakukan observasi terhadap dokumentasi yang dimiliki serta melakukan tinjauan literatur. Wawancara dilakukan secara langsung dengan Sarah Erial bertempat di Erialsr.makeupstudio, serta wawancara beberapa followers, dan tim kerja Sarah Erial untuk memperkuat data. Observasi terhadap dokumentasi melalui unggahan pada akun Instagram @erialsr.makeupart. Data yang didapat kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis yaitu mengorganisasikan data, mereduksi data, penyajian data, kemudian menarik kesimpulan dan verifikasi data.

Hasil akhir dari penelitian ini dapat mengetahui bagaimana strategi personal branding makeup artist yang peduli terhadap lingkungan hidup melalui media sosial Instagram dengan indikator yang terdiri dari delapan hukum pembentukan personal branding oleh Montoya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa personal branding Sarah Erial melalui media sosialnya memenuhi keseluruhan konsep-konsep utama pembentukan personal branding.

×
Penulis Utama : Alessandra Maria Daniartha
Penulis Tambahan : 1. -
2.
NIM / NIP : D0219005
Tahun : 2024
Judul : Strategi Personal Branding MakeUp Artist (MUA) Peduli Lingkungan melalui Media Sosial(Studi Kasus Sarah Erial Dalam Akun Instagram @erialsr.makeupart)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2024
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Personal Branding, Makeup Artist, Peduli Lingkungan Hidup, Sarah Erial
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Eka Nada Shofa Alkhajar S.Sos., M.Si.
Penguji : 1. Sri Herwindya Baskara Wijaya S.Sos., M.Si.
2. Anjang Priliantini, S.I.Kom., M.A.
3. Eka Nada Shofa Alkhajar S.Sos., M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.