Penulis Utama : Fransiska Sinta Devi Murwaningtyas
NIM / NIP : S642002002
×

          Fransiska. S642002002. 2024. “Pengaruh Influencer endorsement dan Customer review terhadap Niat Beli Masker Organik dengan Kepercayaan sebagai Pemoderasi”. Dibimbing oleh Prof. Dr. Ir. Endang Siti Rahayu, M.S dan  Prof. Dr. Ir. Heru Irianto, M.M Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta. Perkembangan teknologi dan informasi yang berkembang sangat pesat menyebabkan perubahan pola gaya hidup dalam berbelanja. Seiring dengan perkembangan teknologi maka berkembang pula media sosial sebagai media transaksi dalam membantu mempermudah para pelaku ekonomi dalam menjalankan bisnisnya. Salah satunya pelaku bisnis perawatan kulit organik. Perawatan kulit organik dalam pembuatannya menggunakan bahan-bahan herbal seperti tanaman organik dan rempah-rempah organik. Salah satu produk perawatan organik yaitu merek Roromendut, namun masih banyak yang belum mengenal produk tersebut. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh influencer endorsement dan customer review terhadap niat beli masker organik merek Roromendut dengan menggunakan kepercayaan sebagai pemoderasi.
            Metode pengambilan sampel konsumen menggunakan metode purposive sampling pada populasi instagram ‘fransiskaviashop’ yang belum pernah membeli masker organik merek Roromendut sebanyak 200 responden. Metode analisis data menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan program AMOS 24. Untuk mengetahui peran dari moderasi dilakukan dengan melakukan analisis multigrup Structural Equation Modelling (SEM) dengan 2 pengujian struktural yaitu model dengan terkendala dan model dengan tidak terkendala. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden masker roromendut terbesar berjenis kelamin perempuan (94%). Sebagian besar berusia 19-23 tahun sebanyak 50% masuk kategori orang yang responsif terhadap perkembangan teknologi. Responden terbesar dengan status mahasiswa (36%) dengan pendidikan terakhir SMA (32,5%) dan penghasilan kurang dari Rp1.500.000 (58%).
​​​​​​​           Hasil analisis menunjukkan bahwa influencer endorsement dan customer review berpengaruh positif terhadap niat beli masker organik di media sosial dengan nilai estimasi 0,607 dan 0,598 .Variabel Kepercayaan sebagai moderasi memperkuat hubungan antara influencer endorsement dan customer review terhadap niat beli masker organik merek Roromendut di media sosial. Kesimpulan penelitian ini yaitu niat beli masker organik merek Roromendut dipengaruhi oleh influencer endorsement dan customer review. Kepercayaan memoderasi hubungan antara influencer endorsement dan customer review terhadap niat beli masker organik merek Roromendut di media sosial. Saran penelitian yaitu bekerjasama dengan influencer yang memiliki pengikut yang banyak  dan meningkatkan ulasan dengan rating tinggi dengan meningkatkan kepercayaan pelanggan dengan memberikan perhatian kepuasan dan pelayanan kepada konsumen dalam menjaga integritas produk dapat meningkatkan niat beli masker organik merek Roromendut di Media Sosial.

×
Penulis Utama : Fransiska Sinta Devi Murwaningtyas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S642002002
Tahun : 2024
Judul : Endorsement dan Customer Review terhadap Niat Beli Masker Organik Merek Roromendut dengan Kepercayaan sebagai Pemoderasi
Edisi :
Imprint : SURAKARTA - Fak. Pertanian - 2024
Program Studi : S-2 Agribisnis
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Influencer Endorsement, Customer Review, Moderasi, Kepercayaan, Masker Organik.
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : https://propulsiontechjournal.com/index.php/journal/article/view/4722
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Ir. Endang Siti Rahayu, M.S.
2. Prof. Dr. Ir. Heru Irianto, M.M
Penguji : 1. Dr. Ir. Sugiharti Mulya Handayani, M.P
2. Dr. Setyowati, S.P., M.P
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.