Penulis Utama : Melindawati Kusuma Anggraeni
NIM / NIP : S851702021
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) bagaimana pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) materi geometri transformasi kelas XI berdasarkan kajian etnomatematika pada batik, (2) Bagaimana kualitas (valid, praktis dan efektif) Lembar Kerja Siswa (LKS) materi geometri transformasi kelas XI berdasarkan kajian etnomatematika pada batik.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau research and development (R&D) dengan prosedur pengembangan ADDIE. Subjek penelitian siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pamotan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan angket dan tes hasil belajar. Analisis data yang dilakukan untuk mengetahui kualitas produk dalam aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektivan.
Penelitian ini diawali dengan penelitian pendahuluan berupa kajian etnomatematika pada motif-motif batik, hasil kajian menunjukkan adanya konsep transformasi pada motif batik. Tahap berikutnya adalah pengembangan LKS menggunakan model pengembangan ADDIE dengan proses penyusunan draf LKS, validasi LKS, pengambilan respon guru matematika terhadap LKS, uji coba awal, uji pelaksanaan lapangan, dan revisi. Data kevalidan produk diperoleh dari hasil penilaian ahli materi dan ahli media. Data kepraktisan produk diperoleh dari hasil angket respon guru matematika dan hasil angket respon siswa. Efektivitas produk diperoleh dari hasil belajar siswa menggunakan LKS hasil pengembangan. Berdasarkan hasil pengembangan telah dihasilkan kesimpulan bahwa LKS memenuhi aspek valid, praktis, dan efektif. Hasil validasi dari ahli materi dan ahli media menunjukkan bahwa LKS telah memenuhi standar kelayakan LKS yaitu berada pada kategori baik dalam skala likert empat. Hasil angket respon guru dan respon siswa termasuk dalam kategori baik dalam skala likert empat. Hasil uji efektivitas terhadap penggunaan LKS menunjukkan bahwa kelas yang menggunakan LKS berdasarkan kajian etnomatematika dalam materi transformasi geometri pada batik lebih baik dari kelas yang tidak menggunakan LKS berdasarkan kajian etnomatematika dalam materi transformasi geometri pada batik. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil analisis menggunakan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan (1) LKS materi transformasi geometri kelas XI dikembangkan berdasarkan kajian etnomatematika pada batik dengan melalui validasi, pengambilan respon guru dan siswa, dan uji lapangan, (2) LKS matematika berdasarkan kajian etnomatematika pada batik dalam materi transformasi geometri kelas XI memenuhi aspek valid, praktis, dan efektiv.

Kata Kunci:  Etnomatematika, Transformasi Geometri, Motif Batik

 

×
Penulis Utama : Melindawati Kusuma Anggraeni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S851702021
Tahun : 2019
Judul : Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berdasarkan Kajian Etnomatematika dalam Materi Transformasi Geometri Kelas XI pada Batik di SMA Negeri 1 Pamotan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Pascasarjana - 2019
Program Studi : S-2 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Pascasarjana-S851702021
Kata Kunci : Etnomatematika, Transformasi Geometri, Motif Batik
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Mardiyana M.Si
2. Dr. Dewi Retno Sari Saputro, S.Si, M.Kom
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.