Penulis Utama : Azmi Zakiyya Pratami
NIM / NIP : K7115036
×

Tujuan penelitian ini, yaitu: 1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Group Investigationuntuk meningkatkan hasil belajar IPS pada tema cita-citaku; 2) meningkatkan hasil belajar IPS pada tema cita-citaku; dan 3) mendeskripsikan kendala dan solusi dalam penerapan model pembelajaran Group Investigation.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus.Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelasIV SD Negeri 6 Panjer tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 24 siswa. Data yang digunakan berupa data kualitatif yaitu penerapan model pembelajaran Group Investigation dan data kuantitatif yaitu hasil belajar IPS tema Cita-citaku. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) model group investigation diterapkan dengan langkah: (a) membentuk kelompok, (b) mengidentifikasi topik, (c) merencanakan investigasi, (d) melaksanakan investigasi, (e) menyiapkan laporan akhir, (f) mempresentasikan laporan akhir, dan (g) evaluasi; 2) hasil belajar IPS pada tema  Cita-citaku  meningkat;pada  siklus  I  rata-rata  persentase  ketuntasan  belajar siswa sebesar 75.25%, meningkat pada siklus II menjadi 85.42%, kemudian meningkat lagi pada siklus III menjadi 95.83%; 3) kendala yang ditemui antara lain: (a) siswa membutuhkan waktu yang lama untuk menjawab LKS karena pertanyaan yang dipilih tidak sesuai dengan tujuan  pembelajaran;  (b) siswa kesulitan untuk mencari informasi dari sumber yang ada;   (c) siswa belum aktif menanggapi atau bertanya pada saat persentasi; adapun solusinya yaitu: (a) pertanyaan yang dituliskan pada LKS disesuaikan dengan tujuan pembelajaran; (b) meningkatkan intensitas bimbingan guru kepada siswa pada saat melakukan investigasi; dan (c) guru memberikan motivasi  dan  kesempatan  kepada  setiap  kelompok  untuk menyampaikan pendapatnya.
Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada tema Cita-citaku di kelas IV SD Negeri 6 Panjer tahun ajaran 2018/ 2019.

Kata kunci : IPS, group investigation, hasil belajar

 

×
Penulis Utama : Azmi Zakiyya Pratami
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7115036
Tahun : 2019
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Tema Cita- citaku di Kelas IV SD Negeri 6 Panjer Tahun Ajaran 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K7115036
Kata Kunci : IPS, group investigation, hasil belajar
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Suhartono, M.Pd.
2. Moh. Salimi, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.