Penulis Utama : Ratna Suminar
NIM / NIP : S252008013
×

Studi Analisa mengenai Self-Presenting, Penampilan (Appearance), dan Performance, SPG (SPG) di Daeler Mobil Toyota Soreang Kabupaten Bandung. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk memaparkan panggung depan (front stage) dari SPG, (2) Untuk memaparkan panggung belakang (backstage) dari SPG. Penelitian ini menggunakan metode kualilatif deskriptif dengan teknik purposif sampling. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, penelitian dokumen. Informan yang digunakan dalam penelitian ini adalah SPG Dealer PT Toyota. Teknik analisis data yang digunakan model interaktif Milles dan Huberman dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik analisis penelitian menggunakan triangulasi data.

Penelitian ini menyimpulkan bahwa persiapan fisik, pemilihan lingkungan, dan penampilan SPG merupakan pertunjukan terencana yang mengikuti teori dramaturgi. Persiapan fisik, termasuk pemilihan pakaian, menciptakan citra profesional di depan masyarakat, sementara pemilihan lingkungan mempertimbangkan interaksi yang diinginkan dengan audiens atau pelanggan potensial. Penampilan publik SPG melibatkan elemen-elemen seperti gaya berbicara, ekspresi wajah, gerakan tubuh, dan pemilihan kata untuk membentuk citra diri yang diinginkan. Performance SPG melibatkan penggunaan bahasa tubuh, gaya berbicara, dan drama penjualan untuk mencapai tujuan promosi dan penjualan, membentuk citra diri yang positif.

Di sisi lain, dalam panggung belakang (Back Stage), penelitian ini menyoroti perencanaan, penampilan, dan dukungan di belakang panggung sebagai elemen dramatis. Perencanaan setting melibatkan pemilihan lokasi strategis, penataan produk, dan penampilan pribadi SPG untuk menciptakan citra profesional dan pengalaman positif bagi pelanggan. Penampilan SPG memperhatikan pemilihan pakaian, komunikasi cerdas, dan persiapan mental, sementara dukungan di belakang panggung melibatkan tim yang memberikan dukungan psikologis, fisik, pelatihan produk, dan komunikasi.

Keseluruhan, penelitian ini memberikan gambaran mendalam tentang bagaimana self-presenting SPG di dealer mobil Toyota merencanakan, mempersiapkan, dan melaksanakan tugas mereka dengan cermat, menciptakan pengalaman positif bagi konsumen

×
Penulis Utama : Ratna Suminar
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S252008013
Tahun : 2024
Judul : Self-Presenting Sales Promotion Girls (SPG) di Dealer Mobil PT Toyota Merdeka Motor (Toyota) Soreang Kabupaten Bandung
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2024
Program Studi : S-2 Sosiologi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Dramaturgi, self-Presenting, penampilan, performance
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : https://ijersc.org/index.php/go/article/view/707
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. LV Ratna Devi Sakuntalawati, M. Si.
2. Dr. Drs. Bagus Haryono, M. Si.
Penguji : 1. Dr. Trisni Utami, M.Si.
2. Dr. Argyo Demartoto, M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.