Penulis Utama : Nimas Dwi Astuti
NIM / NIP : O0219090
×

Nimas Dwi Astuti. O0219090. PENGARUH LATIHAN METODE DRILLS UNDER SIMPLIFIED CONDITIONS TERHDAP PENINGKATAN KEMAMPUAN SERVIS ATAS ATLET BOLA VOLI PUTRI KLUB GANEKSA BHUMIKARTA GUNUNGKIDUL U-18. Skripsi, Fakultas Keolahragaan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2024.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh latihan metode drills under simplified conditions terhadap peningkatan kemampuan servis atas atlet bola voli putri klub Ganeksa Bhumikarta Gunungkidul U-18.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Metode eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu atau tidak murni. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah One Group Pre test- Post test Design. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu teknik Purposive Sampling. Penelitian ini dilakukan di Klub Bola Voli Ganeksa Bhumikarta Gunungkidul yang beralamat BeGe HOMESTAY Jl. Dewandaru 55, Madusari, Kec. Wonosari, kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55851 (Gor Bagongan), selama 6 minggu mulai 1 januari hingga 15 Februari 2024, dengan latihan tiga kali dalam seminggu pada Senin, Rabu, Jumat, dimulai pukul 15.30. Populasi adalah atlet Bola voli Putri Klub Ganeksa Bhumikarta Gunungkidul U-18 berjumlah 14 atlet putri. Sampel terdiri dari 12 atlet putri Bola voli Klub Ganeksa Bhumikarta Gunungkdul U-18. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest dengan menggunakan servis target untuk mengetahui peningkatan kemampuan servis atas. Teknik Analisis data menggunakan Uji Instrumen yaitu uji normalitas (Shapiro-Wilk), uji hipotesis (Paired Samples Test).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji Paired Samples Test memperoleh nilai t hitung (17,316) > t tabel (1,796) dan nilai signifikan kurang dari 0,05 (sig. < 0>

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dan lebih efektif dari penerapan latihan metode Drills Under Simplified Conditios terhadap peningkatan kemampuan servis atas Bola Voli putri Klub Ganeksa Bhumikarta Gunungkidul U-18.

 

Kata Kunci : Olahraga, Bola Voli, Drills Under Simplified Conditions, Servis Atas

×
Penulis Utama : Nimas Dwi Astuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : O0219090
Tahun : 2024
Judul : Pengaruh Latihan Metode Drills Under Simplified Conditions Terhadap Peningkatan Kemampuan Servis Atas Atlet Bola Voli Putri Klub Ganeksa Bhumikarta Gunungkidul U-18
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Keolahragaan - 2024
Program Studi : S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Olahraga, Bola Voli, Drills Under Simplified Conditions, Servis Atas
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Islahuzzman Nuryadin, S.Pd., M.Or
Penguji : 1. Drs. Bambang Wijanarko, M.Kes
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Keolahragaan
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.