Penulis Utama : Margareta Suryani
NIM / NIP : A122008008
×

Margareta Suryani. A122008008. Evaluasi Pelaksanaan 11th ASEAN Para Games Indonesia 2022 di Surakarta. Pembimbing : (1) Dr. Sapta Kunta Purnama, M.Pd. (2) Dr. Fadilah Umar, S.Pd., M.Or. Tesis, Program Studi Ilmu Keolahragaan, Fakultas Keolahragaan, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk 1)Mendeskripsikan kesiapan Indonesia menjadi tuan rumah pengganti karena pengaruh pemindahan tuan rumah dari negara Filipina dan Vietnam, 2)Mendeskripsikan pelaksanaan      ASEAN Para Games Indonesia 2022, 3) Mengidentifikasi kendala pelaksanaan ASEAN Para Games 2022, 4) Mendeskripsikan persiapan program latihan atlet NPC Indonesia dalam menghadapi ASEAN Para Games Indonesia Tahun 2022 demi mendukung tujuan menjadi juara umum. Jenis penelitian yang digunakan adalah evaluasi yang masuk dalam kategori penelitian kualitatif.

Teknik evaluasi yang digunakan adalah CIPP dengan pengambilan data menggunakan angket dan observasi. Analisis data yang dilakukan dengan deskriptif terstruktur dan spesifik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian kualitatif ini dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Evaluasi adalah usaha untuk melihat efek atau hasil suatu objek dengan meringkasnya untuk menggambarkan apa yang terjadi setelah pelaksanaan suatu program.

Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan dapat dijelaskan mengenai pelaksanaan ASEAN Para games 11th 2022 di Indonesia dengan metode evaluasi CIPP sudah berjalan dengan baik. Evaluasi content dalam penelitian ini terdiri atas tujuan pelaksanaan memperoleh hasil 85% tercapai dengan artian berjalan dengan baik, landasan hukum landasan hukum dalam pelaksanaan ASEAN Para Games di Indonesia dalam kategori sangat baik dengan nilai persentase 87.5%, visi dan misi dalam pelaksaan ASEAN Para Games Indonesia dalam kategori sangat baik dengan nilai persentase 87.5%. Selanjutnya evaluasi input dalam penelitian ini terdiri dari atlet pelaksanaan ASEAN Para Games di Indonesia dalam kategori sangat baik dengan nilai persentase 88.1%, pelatih pelaksanaan ASEAN Para Games di Indonesia dalam kategori sangat baik dengan nilai persentase 88.7%, kesiapan ASEAN Para Games di Indonesia dalam kategori sangat baik dengan nilai persentase 88.1%, program latihan ASEAN Para Games di Indonesia dalam kategori sangat baik dengan nilai persentase 90%. Evaluasi ASEAN Para Games di Indonesia dalam kategori sangat baik dengan nilai persentase 85%, sarana dan prasarana ASEAN Para Games di Indonesia dalam kategori sangat baik dengan nilai persentase 86.8%, pembinaan, dan tenaga pendukung dalam pelaksaan ASEAN Para Games di Indonesia dalam kategori sangat baik dengan nilai persentase 86.8%.

Hasil diatas dapat disimpulkan 1) Pada evaluasi content pada pengambilan keputusan dalam perencanaan program, landasan hukum serta penyampaian visi dan misi berjalan dengan baik dan kategori baik. Manager, official, pelatih, atlet dan tenaga pendukung masuk dalam kategori sedang 2) Kategori input meliputi pelaksaan ASEAN Para Games, pelatihan ASEAN Para Games dan kesiapan pelasanaan ASEAN Para Games berjalan dan mausk dalam kategori baik 3) Process dasar humum ASEAN Para Games, saran dan prasarana ASEAN Para Games, serta Pembinaan dan tenaga pendukung mausk dalam kategori baik. 4) Pada kategori Product Evaluasi process dalam penelitian ini terdiri dari usaha dan hasil dalam pelaksaan ASEAN Para Games di Indonesia. Evaluasi product competation Evaluasi produk digunakan untuk menjawab pertanyaan: seberapa jauh tujuan dalam pelaksanaan ASEAN Para Games di Indonesia tercapai, target apa saja telah tercapai dalam pelaksanaan ASEAN Para Games di Indonesia dengan penilaian tinggi dan rendah, bagaimana tingkat kesuksesannya pelaksanaan ASEAN Para Games di Indonesia, apakah pelaksanaan ASEAN Para Games di Indonesia sesuai dengan apa yang sudah direncanakan

 

×
Penulis Utama : Margareta Suryani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : A122008008
Tahun : 2024
Judul : Evaluasi Pelaksanaan 11th Asean Para Games Indonesia 2022 di Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Keolahragaan - 2024
Program Studi : S-2 Ilmu Keolahragaan
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kata Kunci: Pelaksanaan, ASEAN Para Games 11th, Indonesia
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : https://doi.org/10.6018/sportk.594031
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sapta Kunta Purnama, M.Pd.
2. Dr. Fadilah Umar, S.Pd., M.Or.
Penguji : 1. Dr. Slamet Riyadi S.Pd., M.Or.
2. Dr. Rony Syaifullah, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Keolahragaan
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.