Penulis Utama : Merlinda Tri Purwani
NIM / NIP : E0020285
×

Merlinda Tri Purwani, E0020285. 2024. PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN YANG DIRUGIKAN AKIBAT WANPRESTASI PELAKU USAHA DALAM TRANSAKSI E-COMMERCE MELALUI MARKETPLACE SHOPEE. Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan mengenai; (1) perlindungan hukum bagi konsumen dalam transaksi e-commerce; (2) pertanggungjawaban pelaku usaha apabila terjadi wanprestasi dalam transaksi e-commerce shopee. Penelitian hukum ini masuk kedalam jenis penelitian hukum normatif yang bersifat prespriktif dengan pendekatan perundang-undangan. Sumber hukum yang digunakan dalam penelitian ini meliputi bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder, dengan menggunakan teknik pengumpulan bahan hukum melalui studi kepustakaan dan dianalisis menggunakan analisis bahan hukum deduktif dengan metode silogisme. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) dalam transaksi jual beli di ecommerce terdapat hak-hak konsumen yang harus dilindungi sebagai perlindungan hukun bagi konsumen apabila terjadi wanprestasi oleh pelaku usaha. Hal tersebut diatur dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999. Perlindungan tersebut dilaksanakan sesuai dengan teori perlindungan hukum internal yaitu atas dasar kesepakatan para pihak saat bertransaksi, dan perlindungan hukum eksternal tertuang dalam Hukum e-commerce di Indonesia, meliputi Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUHperdata), Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2024 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, dan Peraturan Pemerintah Nomor 80 Tahun 2019 tentang Perdagangan Melalui Sistem Elektronik. (2) terjadinya wanprestasi, tentu menimbulkan pertanggungjawaban dari pihak pelaku usaha seperti memberikan ganti rugi hingga pengembaliian barang (Pasal 19 Undangp-Undang Nomor 8 Tahun 1999). Oleh karena itu, diharapkan perlindungan konsumen dan pertanggungjawaban akibat wanprestasi pelaku usaha dapat terwujud, sebab pihak konsumen akan dengan mudah mempertahankan atau memperoleh haknya.

 

×
Penulis Utama : Merlinda Tri Purwani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0020285
Tahun : 2024
Judul : Perlindungan Hukum Bagi Konsumen yang Dirugikan Akibat Wanprestasi Pelaku Usaha dalam Transaksi E-Commerce Melalui Marketplace Shopee
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Hukum - 2024
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : E-commerce, perlindungan, pertanggungjawaban, wanprestasi.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Suraji, S.H., M.Hum
Penguji : 1. Dr. Noor Saptanti, S.H., M.H
2. Prof. Dr. Yudho Taruno Muryanto, S.H., M.Hum
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.