Penulis Utama : Rahma Nur Afifah
NIM / NIP : K1314042
×

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) kesesuaian materi dengan Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) berdasarkan Permendikbud No. 24 Tahun 2016 pada BSE dan buku terbitan Intan Pariwara, (2) kelayakan isi (materi ajar) yang terdapat dalam BSE dan buku terbitan Intan Pariwara berdasarkan kriteria BSNP, (3) sebaran soal latihan yang ditinjau dari Taksonomi Bloom pada BSE dan buku terbitan Intan Pariwara berdasarkan kurikulum 2013.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan teknik analisis isi. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini berupa dokumen yang meliputi BSE matematika kelas XI, buku matematika kelas XI terbitan Intan Pariwara. Selain itu, peneliti juga menggunakan informan yang terdiri dari dua orang guru matematika kelas XI SMA Negeri 1 Surakarta sebagai sumber data. Subjek penelitian ini adalah BSE dan buku terbitan Intan Pariwara yang diambil dengan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi teknik analisis dokumen dan teknik wawancara mendalam. Pada penelitian ini, uji validitas data dilakukan dengan triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa: (1) secara global kesesuaian materi terhadap KI dan KD pada BSE sudah baik, namun masih terdapat KD yang belum termuat secara lengkap pada materi Barisan dan Deret. Kesesuaian materi terhadap KI dan KD buku terbitan Intan Pariwara sudah sesuai dengan Permendikbud No.24 Tahun 2016. (2) Untuk kelayakan isi, BSE memiliki persentase sebesar 81,99% dengan kategori baik sedangkan buku terbitan Intan Pariwara memiliki persentase sebesar 86,78% dengan kategori sangat baik. (3) Sebaran soal latihan pada buku Intan Pariwara memiliki persentase 40,08% (LOTS) dan 59,92% (HOTS) sedangkan soal latihan pada BSE memiliki persentase 50,96% (LOTS) dan 49,04% (HOTS). Berdasarkan persentase tersebut, soal latihan pada BSE memiliki persentase soal LOTS yang lebih tinggi daripada HOTS, sedangkan soal latihan pada buku terbitan Intan Pariwara memiliki persentase soal HOTS yang lebih tinggi daripada LOTS.

Kata Kunci    : Analisis, Buku teks siswa, Kurikulum 2013

 

×
Penulis Utama : Rahma Nur Afifah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1314042
Tahun : 2019
Judul : Analisis Buku Teks Matematika Siswa Kelas XI Berdasarkan Kurikulum 2013
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K1314042
Kata Kunci : Analisis, Buku teks siswa, Kurikulum 2013
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Imam Sujadi, M.Si.
2. Ira Kurniawati, S.Si., M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.