Penulis Utama : Erlita Apringganingrum
NIM / NIP : B0119021
×

Erlita Apringganingrum. B0119021. 2024. Sêrat Pranatan Rakiting Pasamuan Tuwin Pakurmatan Raja Siyêm ing Surakarta Taun 1896 (Suatu tinjauan Filologis dan Kajian Isi). Skripsi: Program Studi Sastra Daerah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah suntingan teks naskah PRPTPRSS yang bersih dari kesalahan sesuai cara kerja filologi? (2) Bagaimanakah isi yang terkandung dalam teks naskah PRPTPRSS?

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mendapat suntingan teks naskah PRPTPRSS yang bersih dari kesalahan sesuai cara kerja filologi. (2) Mengungkapkan isi yang terkandung dalam teks naskah PRPTPRSS.

Bentuk penelitian ini adalah penelitian filologis deskriptif kualintatif. Sumber data penelitian ini adalah naskah PRPTPRSS yang merupakan naskah prosa milik Perpustakaan Reksa Pustaka Pura Mangkunegaran dengan nomor katalog MN 41, serta data penelitian ini adalah teks PRPTPRSS. Teknik pengumpulan data diawali dengan menentukan jenis naskah, bentuk naskah, dan judul naskah yang akan diteliti. Kemudian melakukan inventarisasi dengan membaca katalog-katalog untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan dan relevan dengan naskah yang akan diteliti. Selanjutnya dilanjutkan dengan melakukan observasi atau pengecekan keberadaan naskah yang diteliti dan melakukan pengamatan lebih lanjut. Langkah selanjutnya yaitu memfoto naskah yang akan diteliti, mendeskripsikan naskah, penelitian dengan mentransliterasikan dan menyunting teks. Teknik analisis data yang digunakan adalah kritik teks dengan hasil suntingan teks disertai aparat kritik dan terjemahan, serta analisis isi. Metode penyuntingan menggunakan edisi standar dan dilanjutkan analisis isi untuk mengungkap tatacara upacara penyambutan Raja Siam di Pura Mangkunegaran.

Simpulan dari penelitian ini adalah (1) PRPTPRSS merupakan naskah tunggal. Naskah telah ditransliterasi dan dikritisi, diperoleh suntingan teks yang bersih dari kesalahan yang dapat dipertangungjawabkan secara ilmiah. Dalam tahap kritik teks ditemukan varian kesalahan dalam penulisan sebanyak 20 varian yang meliputi: 3 adisi, 3 lakuna, 11 hiperkorek, 1 korup, 2 ketidakkonsistenan dalam penulisan. (2) Naskah PRPTPRSS berisi tentang rancangan tatacara upacara penyambutan kedatangan Raja Siam di Pura Mangkunegaran pada 5 Juli 1896.

Kata kunci: pranatan, rakiting, pasamuan, Raja Siam, Pura Mangkunegaran.

×
Penulis Utama : Erlita Apringganingrum
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0119021
Tahun : 2024
Judul : Sêrat Pranatan Rakiting Pasamuan Tuwin Pakurmatan Raja Siyêm Ing Surakarta Taun 1896 (Suatu Tinjauan Filologis dan Kajian Isi)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2024
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : pranatan; rakiting; pasamuan; Raja Siam; Pura Mangkunegaran.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sutarjo, M.Hum.
Penguji : 1. Drs. Sutarjo, M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.