Penulis Utama : Iva Rofiatun
NIM / NIP : S891702016
×

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasi jenis-jenis communication strategies yang diguanakan oleh guru bahasa inggris saat proses belajar mengajar dan (2) menginvestigasi bagaimana guru bahasa inggris laki-laki dan perempuan menggunakan communication strategies saat proses belajar mengajar. Penelitian ini tergolong sebagai studi kasus.
Penelitian ini dilakukan di SMA Al-Abidin Bilingual Boarding School Surakarta tahun ajaran 2018/2019. Empat guru bahasa inggris, dua guru laki-laki dan dua guru perempuan, secara sengaja dipilih sebagai subjek dalam penelitian ini. Pengamata dan wawancara dilakukan untuk mendapatkan data yang dibutuhkan. Data kemudian dianalisis menggunakan flow model dari Miles, Huberman & Saldana yang mencakup tiga langkah analisis data yaitu; kondensasi data, data penampil, dan penarikan dan verifikasi kessimpulan.
Temuan penelitian menunjukan bahwa terdapat dua puluh dua jenis communication strategies yang digunakan oleh guru bahasa inggris, baik guru bahasa inggris laki-laki maupun guru perempuan saat proses belajar mengajar berlangsung. Communication strategies tersebut yaitu; (1) message abandonment, (2) message replacement, (3) circumlocution, (4) approximation, (5) foreignizing, (6) restructuring, (7) literal translation, (8) code-switching, (9) retrieval, (10) mime/paralinguistic, (11) self-rephrasing, (12) self-repair, (13) other-repair, (14) appeal for help, (15) comprehension check, (16) asking for repetition, (17) asking for clarification, (18) asking for confirmation, (19)  interpretive summary, (20)  expressing non- understanding, (21) use of fillers and (22) repetitions. Jenis-jenis communication strategies tersebut kemudian dapat dikelompokkan kedalam tiga jenis kategori dasar communication strategies yaitu; direct strategies, interactional strategies, dan indirect strategies. Direct strategies secara khusus digunakan oleh guru untuk mengatasi masalah yang muncul saat proses komunikasi berlangsung. Sedangkan interactional strategies digunakan untuk melibatkan siswa saat mengatasi masalah komunikasi yang muncul dan saat proses interaksi lisan berlangsung. Indirect strategies digunakan untuk mencegah terjadinya gangguan saat komunikasi berlangsung. Dengan kata lain, berbagai jenis communication strategies tersebut digunakan oleh guru bahasa inggris, baik guru laki-laki maupun perempuan, selain untuk membantu mereka saat menghadapi masalah saat berkomunikasi juga untuk membantu mereka dalam memainkan peran mereka sebagai guru. Temuan penelitian ini juga menunjukkan bahwa terdapat beberapa perbedaan penggunakan communication strategies oleh guru bahasa inggris laki-laki dan perempuan yang terlihat pada kemerataan dan frekuensi penggunaan communication strategies dan bagaimana guru bahasa inggris laki-laki dan perempuan menggunakan beberapa jenis communication strategies. Perbedaan sifat bawaan guru bahasa inggris laki-laki dan perempuan bukan satu-satunya penyebab perbedaan penggunakan communication strategies namun terdapat faktor-faktor lain yang ditemukan diantaranya; jenis topik, tujuan pedagogis dari kegiatan belajar mengajar, dan kemampuan siswa dalam menyerap bahasa asing.

×
Penulis Utama : Iva Rofiatun
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S891702016
Tahun : 2019
Judul : Classroom Communication Strategies Employed by EFL Teachers in Light of Gender Perspective (A Case Study at SMA Al-Abidin Bilingual Boarding School Surakarta in the Academic Year of 2018/2019)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Program Studi : S-2 Pendidikan Bahasa Inggris
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-S891702016
Kata Kunci : classroom communication strategies
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Diah Kristina, M.A., Ph.D
2. Dr. Suparno, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.