Penulis Utama : Ulil Himmah
NIM / NIP : S812302048
×

Ulil Himmah. 2024. Pengembangan E-Modul Berbasis Multimodal Untuk Memfasilitasi Pembelajaran Menulis Berita Bagi Siswa Kelas VII Di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTs N Di Bojonegoro). Tesis. Pembimbing: Prof. Dr. Munawir Yusuf, M.Psi. Kopembimbing: Dr. Nur Arifah Drajati, M.Pd. Program Studi Magister Teknologi Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan penggunaan e-modul untuk pembelajaran menulis berita bagi kelas VII MTs N di Bojonegoro, (2) mendeskripsikan kebutuhan pengembangan e-modul menulis berita berbasis multimodal bagi siswa kelas VII MTs N di Bojonegoro menjelaskan desain dan konstruksi pada multimedia, (3) mendeskripsikan proses pengembangan e-modul berbasis multimodal untuk memfasilitasi pembelajaran menulis berita bagi siswa kelas VII MTs N di Bojonegoro, dan (4) menguji keefektifan e-modul berbasis multimodal untuk memfasilitasi pembelajaran menulis berita bagi siswa kelas VII MTs N di Bojonegoro.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan metode ADDIE yang melibatkan masing-masing dua ahli media dan ahli materi sebagai validator dalam tahap uji kelayakan media. Partisipan penelitian ini ialah 40 peserta didik kelas VII MTs N di Bojonegoro kelas eksperimen menggunakan pendekatan quasi experiment one group pre-test and post-test. Selain itu, terdapat 6 peserta didik diluar dari partisipan penelitian yang terpilih sebagai partisipan uji terbatas.
Hasil dari penelitian ini ialah: (1) e-modul yang digunakan dalam pembelajaran menulis berita kelas VII MTs N di Bojonegoro hanya terbatas pada unsur visual yaitu teks dan gambar , (2) guru dan peserta didik kelas VII MTs N di Bojonegoro membutuhkan e-modul berbasis multimodal untuk memfasilitasi pembelajaran menulis berita, (3) proses yang dilakukan untuk pengembangan e-modul berbasis multimodal untuk memfasiitasi pembelajaran menulis berita pada kelas VII di MTsN Bojonegoro meliputi: validasi ahli media dan materi, uji coba terbatas, uji coba lapangan, uji normalitas, dan terakhir uji efektifitas, (4) pengembangan e-modul menulis berita berbasis multimodal ini efektif untuk memfasilitasi pembelajaran menulis berita pada siswa kelas VII MTs N di Bojonegoro. Hal ini dibuktikan dengan hasil hitung N-Gain yaitu 90%.


Kata Kunci : Bahasa Indonesia, E-Modul, Menulis Berita, Multimodal

×
Penulis Utama : Ulil Himmah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S812302048
Tahun : 2024
Judul : Pengembangan E-Modul Berbasis Multimodal untuk Memfasilitasi Pembelajaran Menulis Berita bagi Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTs N) di Bojonegoro
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2024
Program Studi : S-2 Teknologi Pendidikan
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Bahasa Indonesia, E-Modul, Menulis Berita, Multimodal
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Munawir Yusuf, M.Psi.
2. Dr. Nur Arifah Drajati, M.Pd
Penguji : 1. Prof Dr. Sunardi, M.Sc.
2. Dr. Agus Efendi, M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.