Penulis Utama : Syahrizal Firdaus Rosena
NIM / NIP : S992008013
×

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan model pembelajaran proyek berbasis riset pada mata pelajaran kewirausahaan yang dapat menumbuhkan jiwa wirausaha peserta didik di SMK Muhammadiyah Pagaralam. 2) Mengetahui efektivitas model pembelajaran proyek berbasis riset pada mata pelajaran kewirausahaan yang dapat menumbuhkan jiwa wirausaha peserta didik di SMK Muhammadiyah Pagaralam.

Pendekatan penelitian yang digunakan adalah Research and Development (RnD). Prosedur penelitian ini mengacu pada model penelitian dan pengembangan yang dimodifikasi menjadi tiga tahapan: (1) studi pendahuluan, (2) pengembangan produk, dan (3) pengujian produk. Produk yang dikembangkan adalah model pembelajaran proyek berbasis riset yang telah melalui proses validasi oleh para ahli dan diujicobakan pada satu kelas. Hasil uji coba tersebut menjadi dasar untuk merevisi produk model pembelajaran proyek berbasis riset guna menghasilkan produk akhir yang dapat digunakan. Produk hasil revisi kemudian divalidasi oleh tiga orang ahli dan diujicobakan pada dua kelas. Adapun uji efektivitas dilakukan dengan analisis uji paired sample test.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) model pembelajaran proyek berbasis riset yang dikembangkan sangat layak dan model ini juga terbukti menumbuhkan jiwa wirausaha siswa dilihat dari tahapan yang terdiri a) menentukan pertanyaan dasar.  b) mendesain perencanaan proyek. c) menyusun jadwal. d) memonitor perkembangan proyek. e) menguji hasil proyek. f) mengevaluasi hasil proyek. Karakteristik wirausaha yaitu percaya diri, inisiatif, kepemimpinan, mengambil risiko, motivasi berprestasi. 2) model pembelajaran proyek berbasis riset yang dikembangkan terbukti efektif menumbuhkan jiwa wirausaha peserta didik dilihat dari hasil uji paired sample t-test. Dilihat dari hasil nilai thitung 36.58 > ttabel 1.66, maka hipotesis penelitian terbukti ada perbedaan sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran proyek berbasis riset. Pengembangan model pembelajaran proyek berbasis riset memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan jiwa wirausaha siswa. Model pembelajaran yang dikembangkan berhasil divalidasi oleh para ahli dan memberikan dampak yang signifikan terhadap proses pembelajaran di kelas. Dengan demikian, model ini dapat dianggap sebagai alternatif untuk menumbuhkan jiwa wirausaha pada peserta didik SMK, terutama pada mata pelajaran kewirausahaan.

×
Penulis Utama : Syahrizal Firdaus Rosena
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S992008013
Tahun : 2024
Judul : Pengembangan Model Pembelajaran Proyek Berbasis Riset Untuk Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan di SMK Muhammadiyah Pagaralam
Edisi :
Imprint : SURAKARTA - Sekolah Pascasarjana - 2024
Program Studi : S-2 Pendidikan Ekonomi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : pengembangan model pembelajaran proyek berbasis riset, jiwa wirausaha, mata pelajaran kewirausahaan.
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Leny Noviani, S.Pd.,M.Si.
2. Feri Setyowibowo, S.E., M.M. PhD
Penguji : 1. Khresna Bayu Sangka,SE,MM,Ph.D.
2. Budi Wahyono, S.Pd., M.Pd., Ph.D.
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.